Seluruh SPBU di Pontianak Beli BBM Nontunai

   •    Sabtu, 16 Sep 2017 16:23 WIB
pertamina
Seluruh SPBU di Pontianak Beli BBM Nontunai
Ilustrasi. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Pontianak: PT Pertamina (Persero) wilayah Kalimantan bersama dengan Bank Indonesia Perwakilan Kalbar dan Pemkot Pontianak, menandatangani MoU atau nota kesepahaman perjanjian kerja sama elektronifikasi pembelian BBM secara nontunai di seluruh SPBU di Pontianak.

General Manager Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan, Yanuar Budi Hartanto mengatakan, perjanjian kerja sama ini akan mempermudah koordinasi bagi seluruh pihak terkait, terutama bagi Pertamina kepada Pemkot Pontianak dan BI dalam pengimplementasian pembelian BBM secara nontunai di SPBU di Pontianak.

Perjanjian kerja sama dilakukan oleh GM MOR VI Kalimantan, Yanuar Budi Hartanto dengan Kepala Kantor Perwakilan BI Kalimantan Barat, Dwi Suslamanto, dan Wali Kota Pontianak, Sutarmidji.

"Upaya menggalakkan program transaksi nontunai di SPBU adalah bentuk dukungan Pertamina atas gerakan nasional nontunai yang dicanangkan pada 2014 oleh Bank Indonesia," ungkapnya, di Pontianak, seperti dikutip dari Antara, Sabtu 16 September 2017.

Ia berharap, dukungan Pemkot Pontianak, maka implementasi cashless di Pontianak dapat menjadi role model bagi kota-kota lain untuk mendukung implementasi pembayaran non-tunai di SPBU. Penggunaan uang elektronik di beberapa SPBU di Pontianak sudah mulai dipraktikan sejak Juli kemarin di beberapa SPBU di Pontianak.

Penandatanganan ini juga menandai akan diterapkannya penggunaan uang elektronik di seluruh SPBU. Pada Sabtu dan Minggu, akan diberlakukan satu jalur khusus penggunaan uang elektronik. Berangsur-angsur setelah konsumen terbiasa, akan ditambah lagi penerapannya sebagai persiapan akan diberlakukannya transaksi nontunai di semua jalur SPBU di Januari 2018.

Sementara itu, Area Manager Communication and Relation Kalimantan, Alicia Irzanova mengatakan, mulai Januari 2018, semua jalur di SPBU akan diberlakukan transaksi nontunai atau menggunakan e-money pada 21 SPBU di Pontianak.

Pertamina sebelumnya juga sudah mendorong masyarakat untuk melakukan transaksi nontunai sebelum adanya kerja sama ini. Sejak Februari 2017, Pertamina secara nasional memiliki program Pertamina Fuel Lucky Swipe. Sebuah program yang merupakan rangkaian dari no surcharge atau setiap transaksi nontunai di seluruh SPBU Pertamina tidak lagi dikenakan biaya tambahan di 2.300 tersebar di seluruh Indonesia.

Penggunaan uang elektronik ini diharapkan mampu menjadi solusi mengurangi penggunaan uang tunai dan jauh lebih praktis pada saat mengisi bahan bakar di SPBU. Alicia juga mengatakan, tidak perlu memakan waktu lama untuk melakukan transaksi menggunakan e-money dikarenakan langsung ditempel, tidak seperti uang kertas yang harus ditukar dan dicek keasliannya.

Masyarakat tidak perlu khawatir karena penggunaan uang elektronik ini tidak memiliki minimal transaksi. Untuk mendapatkan elektronik pun dapat dibeli di kantor cabang bank yang bersangkutan, modern market, dan SPBU. Sedangkan, untuk penambahan saldo dapat dilakukan di ATM, internet banking, modern market, dan beberapa SPBU.


(AHL)