Kajian Awal Blok Masela Diminta Hanya Satu Tahap

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 18 May 2017 08:32 WIB
blok masela
Kajian Awal Blok Masela Diminta Hanya Satu Tahap
Menteri ESDM Ignasius Jonan (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan kajian awal mengenai desain atau pre-FEED pengembangan Blok Masela dilakukan dalam satu tahap. Satu tahap pre-FEED diharapkan sudah masuk terhadap keseluruhan kajian pengembangan.

Menteri ESDM Ignasius Jonan menegaskan, kesepakatan pre-FEED itu telah disetujui oleh pihak Inpex Corporation saat lawatannya ke Jepang beberapa hari lalu. "Sudah bilang pre-FEED nya satu saja terus mereka sepakat," kata Jonan, pada acara IPA Convex ke-41, di JCC, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Dalam pre-FEED, Jonan menjelaskan, akan dibahas mengenai kapasitas produksi dan lokasi pembangunan kilang. Terdapat perubahan lokasi pembangunan kilang semula dua lokasi yakni Pulau Aru dan Yamdena menjadi tiga pulau.

"Kemarin saya kesepakatannya saya tidak mau dua lokasinya mau tiga," ujar dia.

Sementara itu, mengenai pre-FEED satu tahapan saja, Vice President Corporate Services Inpex Nico Muhyiddin mengungkapkan, pihaknya akan berkomunikasi lebih lanjut dengan Tim Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Hal itu lantaran sudah masuk ke ranah teknis.

"Kita mau mendiskusikannya lebih detil minggu depan dengan SKK Migas. Karena ini sudah masalah teknis," pungkas dia.

 


(ABD)