1.500 Lentera Tenaga Surya Siap Benderang di Papua

Ade Hapsari Lestarini    •    Rabu, 19 Apr 2017 18:34 WIB
listrik
1.500 Lentera Tenaga Surya Siap Benderang di Papua
Vice President Corporate Business and Corporate Affairs Samsung Electronics Indonesia, Kanghyun Lee. (Foto: dokumentasi Samsung)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memperingati Hari Bumi 2017, warga di Kabupaten Lanny Jaya, Papua akan mendapatkan akses listrik dan penerangan melalui lentera tenaga surya.

Lentera tenaga surya ramah lingkungan ini diberikan dalam rangka mendukung Hari Bumi 2017 yang diperingati setiap 22 April, agar memberikan kehidupan yang lebih produktif bagi warga Lanny Jaya.

"Kali ini kami memberikan 1.500 lentera tenaga surya bagi warga Lanny Jaya, Papua yang belum mendapatkan akses listrik secara merata dan hanya hidup dengan api unggun di malam hari. Lentera tenaga surya tidak memerlukan listrik maupun pemeliharaan yang rumit sehingga dapat mendukung produktivitas di malam hari serta interaksi antar anggota keluarga yang lebih berkualitas," papar Vice President Corporate Business and Corporate Affairs Samsung Electronics Indonesia, Kanghyun Lee, dalam siaran persnya, Rabu 19 April 2017.

Dia mengatakan, donasi 1.500 lentera tenaga surya ini disambut baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lanny Jaya yang langsung mendistribusikan donasi tersebut ke daerah-daerah yang paling membutuhkan penerangan.



"Kami senang menerima donasi lentera tenaga surya ini, yang sangat tepat dengan kebutuhan masyarakat Lanny Jaya Papua. 1.500 lentera tenaga surya tersebut telah kami distribusikan ke beberapa distrik di Lanny Jaya, dengan memperhatikan kebutuhan dan kondisi penerangan dari distrik masing-masing yaitu Tiom, Malagaineri, Mokoni, Bokon, Indawa, Wiringgambut, dan Pirime," jelas Plt Bupati Kabupaten Lanny Jaya, Sendius Wonda.

Menurut Sendius, daerah-daerah tersebut sama sekali belum memiliki akses terhadap listrik dan penerangan. Dengan memanfaatkan lentera tenaga surya, anak-anak dapat belajar di malam hari dan warga perempuan dapat menghasilkan lebih banyak tenunan dalam satu hari.

Tenunan yang dibuat warga Lanny Jaya tersebut digunakan sebagai tambahan penghasilan untuk mendukung kebutuhan hidup sehari-hari. Sesuai namanya, lentera ini cukup dipaparkan pada matahari secara langsung selama sepuluh jam untuk mendapatkan energi penuh dan memberikan penerangan selama 12 jam.

Kanghyun Lee menjelaskan, ada tiga moda pencahayaan yang dapat dipilih, yaitu terang, sangat terang, dan berkedip, sehingga bisa disesuaikan kebutuhan pemakai. Lentera ini juga dapat dilipat dan mudah disimpan, bisa digantungkan atau dibawa sambil berjalan, sehingga juga mendukung mobilitas di malam hari.

"Sehingga bisa meningkatan kualitas kehidupan dari berbagai aspek, baik itu pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan, selalu menjadi perhatian utama Samsung dalam membangun komunitas di mana pun Samsung berada. Kami berharap donasi yang kami berikan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dan membawa kebahagiaan bagi warga Lanny Jaya," tutup Kanghyun Lee.


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA