Capaian 2018

Pemerintah Proyeksikan Bonus Panas Bumi ke Daerah Rp89,25 Miliar

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 10 Jan 2018 20:23 WIB
panas bumi
Pemerintah Proyeksikan Bonus Panas Bumi ke Daerah Rp89,25 Miliar
Illustrasi. ANT/Adeng Bustomi.

Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memproyeksikan bonus produksi panas bumi 2018 yang akan dibagikan kepada daerah wilayah kerja panas bumi sebanyak Rp89,25 miliar.

Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Rida Mulyana dimana Bandung akan menjadi daerah yang mendapatkan bonus produksi panas bumi terbesar.

"Rp89,25 miliar yang akan dibagikan. Paling banyak kabupaten Bandung," kata Rida di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu, 10 Januari 2018.

Rida menjelaskan, melalui bonus panas bumi tersebut daerah yang termasuk wilayah kerja dapat memanfaatkan dananya untuk pengembangan daerah. Sebab dana tersebut langsung masuk ke kas APBD.

"Efeknya, kalau dirasakan oleh pemda karena uangnya digunakan untuk pembangunan di sana," ujar Rida.

Berdasarkan catatan Kementerian ESDM, bonus produksi pada triwulan IV-2017 sebesar USD76,64 miliar. Bonus panas bumi itu terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2015 sebesar Rp58,7 miliar, sedangkan di 2016 sebesar Rp62,36 miliar.

Seperti diketahui, pengaturan bonus produksi panas bumi merupakan amanat dari pasal 53 Undang–Undang (UU) nomor 21 tahun 2014 yang dituangkan dalam Peraturan pemerintah Nomor 28 Tahun 2016 tentang Besaran dan Tata Cara Pemberian Bonus Produksi Panas Bumi, yang diatur lebih jelas dalam Permen ESDM Nomor 23 Tahun 2017 tentang tentang tatacara rekonsiliasi, penyetoran dan pelaporan bonus produksi panas bumi.

"Pengaturan ini akan memberikan jaminan hukum bagi daerah penghasil supaya dapat lebih merasakan manfaat dari kegiatan pengusahaan panas bumi, khususnya Pemerintah Daerah (Pemda) tingkat II," jelas mantan Direktur Panas Bumi Direktorat EBTKE Kementerian ESDM Yunus Saefulhak.


(SAW)


Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

18 hours Ago

Mereka mengapresiasi inovasi dan community based yang sukses terbentuk di Tukad Bindu, ya…

BERITA LAINNYA