Pasok Listrik Asian Games, PLN Anggarkan Dana Rp5,7 Triliun

Kautsar Widya Prabowo    •    Selasa, 10 Jul 2018 15:07 WIB
asian games
Pasok Listrik Asian Games, PLN Anggarkan Dana Rp5,7 Triliun
Persiapan Asian Games (Medcom.id/Antonio Bano).

Jakarta: PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB) mengelontorkan dana investasi mencapai Rp5,7 triliun untuk mendukung pasokan listrik Asian Games 2018.

Kepala Divisi Operasi Regional JBB Bima Putrajaya menjelaskan total dana tersebut mencakup seluruh persiapan di kedua kota baik DKI Jakarta dan Pelembang.

"Untuk investasinya, dari Sumatera dari DKI dan Jawa Bagian Barat kira-kira total Rp5,7 tiriliun yang kita siapkan," ujarnya usai melakukan apel siaga Asian Games, di APP Cawang, Jakarta Timur, Selasa, 10 Juli 2018.

Ia menambahkan, untuk biaya operasional yang dikeluarkan hingga saat ini telah mencapai Rp280 miliar, seperti untuk mobil, pengamanan, kendaraan, dan operasional orang.

"Biaya yang kami keluarkan perlu kami sampaikan walapun tidak langsung, dan ada yang langsung biaya operasional sudah mencapai Rp280 miliar untuk mendukung kegiatan Asian Games," tambahnya.

Sementara itu, General Manager PLN Transmisi Jawa Bagian Barat Trino Erwin mengungkapkan total biaya penguatan pasokan venue Asian Games di Jakarta sebesar Rp850 miliar yang digunakan untuk operasi jaringan dan gardu induk.

"Investasi kita untuk di Jakarta ini cukup besar tidak di transmisi saja Rp850 miliar yang kita dapatkan untuk membangun energi listrik ke wilayah 31 gardu induk di wilayah Jakarta," imbuhnya.

Sementara itu, jaminan kesiapan pasokan listrik selama gelaran acara dipastikan akan aman, meski tidak menutup kemungkinan adanya potensi gangguan di luar.

"Jangan lupa bahwa sirkuit pemasok Asian Games sudah ada cadangan, jadi kalau satu terganggu maka masih ada satu. Kita harapkan tidak akan menganggu pelaksanaan Asian Games," pungkasnya.


(SAW)


Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

3 hours Ago

Perang dagang yang kini tengah berkecamuk antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok secara langs…

BERITA LAINNYA