Kebijakan Satu Harga BBM Mampu Ciptakan Pemerataan di NKRI

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 18 Oct 2016 20:47 WIB
harga bbm
Kebijakan Satu Harga BBM Mampu Ciptakan Pemerataan di NKRI
Illustrasi. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi XI DPR RI menyambut baik langkah Presiden Jokowi yang ingin mencanangkan kebijakan satu harga jual untuk bahan bakar minyak (BBM) di seluruh Indonesia.

Anggota Komisi XI DPR RI M. Misbakhun mengatakan kebijakan satu harga BBM sangat bagus untuk mengangkat keadilan dan pemerataan di Indonesia sehingga tak ada lagi kesenjangan harga antar daerah.

"Single price policy itu sudah bagus," kata Misbakhun pada Metrotvnews.com di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2016).

Senada dengan Misbakhun, Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Andreas Edy Susetyo menilai langkah tersebut membuktikan bahwa Presiden Jokowi ingin menguatkan NKRI dengan tidak membeda-bedakan harga BBM antar Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa.

Baca : Menkeu Hitung Implikasi Kebijakan Satu Harga BBM yang Dicanangkan Jokowi

"Secara prinsip dasar itu menunjukkan bahwa kita negara NKRI. Setuju, kalaupun ada disparitas harga jangan terlalu jauh," kata Andreas.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bermaksud meresmikan kebijakan satu harga untuk BBM yang berlaku di seluruh Indonesia. Kebijakan tersebut dicetuskan karena selama ini ada jurang harga yang jauh antara harga jual di Pulau Jawa dan daerah luar Jawa.

"Ada ketidakadilan di Jawa, harga BBM hanya Rp 7.000. Sedangkan Kapolda Wamena menyampaikan harga di sini Rp 60.000-Rp 70.000 per liter. Tidak bisa seperti itu, di Barat, di Tengah, dan di sini harusnya sama harganya," papar Jokowi.



(SAW)