Pertamina Tetap Salurkan Gas Elpiji 3 Kg di Batam

   •    Minggu, 19 Mar 2017 14:10 WIB
elpiji 3 kg
Pertamina Tetap Salurkan Gas Elpiji 3 Kg di Batam
Elpiji 3 kg (ANT/Nova Wahyudi).

Metrotcnews.com, Batam: PT Pertamina (Persero) tetap menyalurkan bahan bakar gas elpji bersubsidi kemasan 3 kg di Kota Batam, Bintan dan Tanjungpinang, meskipun telah mengeluarkan varian elpiji non subsidi Bright Gas 5,5 kg.

"2017 Pertamina tetap menyalurkan LPG 3 kg di wilayah yang telah melaksanakan konversi di Kepulauan Riau, yaitu Batam, Bintan dan Tanjung Pinang," tutur Marketing Branch Manager Kepri Doni Indrawan di Batam, Kepri dikutip dari Antara, Minggu 19 Maret 2017. 

Sesuai Peraturan Menteri ESDM No 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian elpiji, maka peruntukan elpiji 3 kg hanya bagi sektor rumah tangga dan usaha mikro. Pertamina sebagai badan usaha yang menyalurkan dan mendistribusikan, tetap melakukan tugasnya, sesuai kuota yang ditetapkan oleh kementerian ESDM.

Ia mengakui adanya rencana pemerintah untuk menerapkan distribusi subsidi elpiji 3 kg secara tertutup. Namun, belum dapat memastikan, apakah Batam menjadi daerah percontohan untuk kebijakan itu. Pertamina siap mengikuti aturan yang dibuat pemerintah.

Pada 2016, Pertamina menyalurkan 42.771 metrik ton elpiji 3 kg di tiga kabupaten kota di Kepri, atau naik delapan persen dari 2015 yang hanya 39.772 metrik ton. Sementara itu, Pertamina secara resmi meluncurkan varian produk baru Bright Gas ukuran 5,5 kg di kota Batam.


Bright Gas 5,5 kg merupakan produk inovasi elpiji non subsidi Pertamina yang memiliki katup pengaman ganda (double spindle) sehingga 2 kali lebih aman. Fitur keamanan diperkuat dengan adanya tambahan segel resmi hologram dan optical colour switch. Bright Gas 5,5 kg turut melengkapi varian produk LPG Non Subsidi yang sudah ada sebelumnya di Batam, seperti Bright Gas 12 kg, Tabung Biru LPG 12 kg, Tabung 50 kg.



(SAW)