Hari Ini Pemerintah dan Freeport Kembali Lakukan Pertemuan

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 21 Mar 2017 07:19 WIB
freeport
Hari Ini Pemerintah dan Freeport Kembali Lakukan Pertemuan
Gedung Kementerian ESDM (Foto: dokumentasi Setkab)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hari ini akan kembali melakukan pertemuan dengan PT Freeport Indonesia. Adapun pertemuan yang dilakukan ini diharapkan bisa mencari jalan tengah dari persoalan yang tengah terjadi.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara, Kementerian ESDM, Bambang Gatot mengatakan, pertemuan dengan anak usaha Freeport McMoran tersebut memang rutin dilakukan seminggu sekali.

"Setiap Selasa pokoknya ketemu (dengan Freeport)," kata Bambang Gatot, di Jakarta, seperti diberitakan Selasa 21 Maret 2017.

Ia menjelaskan, pertemuan kedua belah pihak tersebut dilakukan untuk membahas tentang negosiasi kontrak. Dalam hal ini, pemerintah menunggu Freeport Indonesia untuk mengubah status Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), lalu melaksanakan kewajiban hilirisasi dan divestasi.


Sejumlah Haul Truck dioperasikan di area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Tetapi, pihak Freeport belum mau melakukan perubahan status kontrak. Freeport selalu beralasan perlu ada jaminan hukum dan fiskal jika perseroan mengubah statusnya menjadi IUPK. Tentu hal semacam ini sangat disayangkan dan seharusnya Freeport Indonesia menjalankan aturan yang sudah ditetapkan.

Seminggu yang lalu, pemerintah dan Freeport Indonesia telah melakukan pertemuan. Direktur Eksekutif Freeport Tony Wenas mengatakan, pertemuan dengan pemerintah terkait dengan negosiasi antara Freeport dan pemerintah. Namun saat itu, Tony enggan menyebutkan poin apa saja yang dinegosiasikan.

‎"Iya (negosiasi), tapi nanti saja," kata Tony.


(ABD)