Kemahalan, Peluncuran Bright Gas di Batam Ditanggapi Dingin Masyarakat

Hendri Kremer    •    Minggu, 19 Mar 2017 11:42 WIB
bright gas
Kemahalan, Peluncuran Bright Gas di Batam Ditanggapi Dingin Masyarakat
Bright Gas. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko.

Metrotvnews.com, Jakarta: Peluncuran Bright Gas di Batam ditanggapi dingin oleh masyarakat di daerah ini. Salah satu penolakan ini karena mahalnya harga produk baru milik PT Pertamina (Persero) tersebut. 

"Kesannya Pertamina memaksa masyarakat untuk membeli (bright gas), kami jelas keberatan," ujar tokoh masyarakat Batam Irawan yang juga ketua Forum Komunikasi Putra Putri Batam, seperti diberitakan Minggu 19 Maret 2017. 

Menurut dia, ada upaya Pertamina melalui cabangnya di Batam untuk menarik distribusi gas 3 Kg yang dinilai lebih murah dari Bright Gas dan sesuai dengan perekonomian masyarakat di daerah ini.  

Hal ini terlihat dari kosongnya pasokan gas isi 3 Kg di beberapa wilayah di Kota Batam. Dia juga menyayangkan keberadaan Bright Gas yang belum disosialisasikan dengan baik ke masyarakat.

Hal senada juga dikatakan oleh anggota komisi II DPRD Kota Batam yang membidangi perekonomian dan perindustrian Yudi Kurnain. Untuk saat ini, katanya, produk yang lebih mahal tidak perlu diluncurkan sebelum mendapat persetujuan dari masyarakat luas. 

"Yah jangan produk baru dikeluarkan. (kemudian) Yang lama dihilangkan. Padahal, masyarakat tidak perlu dipaksakan produk baru," jelas dia. 

Seperti diketahui, Pertamina secara resmi meluncurkan varian produk baru Bright Gas ukuran 5,5 kg di Kota Batam, Sabtu, 18 Maret 2017. Menurut Pertamina produk ini merupakan inovasi terbaru dengan keunggulan lebih di sisi keamanan, dan kemasan yang lebih menarik.

Peluncuran Bright Gas 5,5 kg tersebut berlangsung di Kepri Mall, Batam yang di hadiri Walikota Batam, Muhammad Rudi, SE dan General Manager Pertamina Marketing Operation (MOR) I Sumatera Bagian Utara, Eldi Hendry. Eldi mengatakan, Bright Gas 5,5 kg merupakan produk inovasi elpiji non subsidi Pertamina yang memiliki katup pengaman ganda (double spindle) sehingga dua kali lebih aman.

"Fitur keamanan diperkuat dengan adanya tambahan segel resmi hologram  dan optical colour switch," ujar Eldi.

Selain itu, dengan menggunakan design yang menarik dan berwarna pink, Pertamina mencoba mendekatkan diri kepada konsumen, khususnya ibu rumah tangga.

Pada tahap awal penjualan Bright Gas 5,5 kg yang disalurkan ke pasar sebanyak 6.000 tabung. Pertamina sudah menyiapkan 25.000 tabung Bright Gas 5,5 kg untuk Kota Batam. Penjualan dilakukan melalui 10 agen dan 300 outlet. Setelah Kota Batam, Pertamina akan mengembangkan pasar Bright Gas 5,5 kg dalam waktu tiga bulan ke depan di Kota Tanjung Pinang dan Kabupaten Bintan.



(SAW)