Fokus Sekuritisasi, PLN: Komodo Bonds Opsi Pilihan

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 11 Oct 2017 09:02 WIB
komodo bonds
Fokus Sekuritisasi, PLN: Komodo Bonds Opsi Pilihan
Ilustrasi. (FOTO: MTVN/M. Rizal)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT PLN (Persero) menilai penerbitan obligasi global berdenominasi rupiah atau Komodo Bonds menjadi opsi pilihan dalam mencari pendanaan. Saat ini, PLN masih fokus kepada instrumen sekuritisasi aset.

Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto menyampaikan, keuangan perusahaan saat ini dalam kondisi baik. Sehingga tidak perlu tambahan dana segar lagi. Apalagi setelah melakukan sekuritisasi aset Rp10 triliun pada 19 September lalu.

"Iya. Kemarin kita kan. Sekuritisasi Rp10 triliun. Yang kita pakai hanya sebagian. Jadi keuangan kita itu bagus," kata Sarwono saat ditemui di sela-sela rapat dengan Komisi VII DPR-RI, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa malam 11 Oktober 2017.

Sarwono mengetahui beberapa perusahaan BUMN tengah mempersiapkan penerbitan Komodo Bonds di London Stock Exchange. Namun, hal ini tidak membuat PLN latah untuk melakukan penerbitan yang sama.

Baca: Menteri Rini: Tiga BUMN akan Terbitkan Komodo Bonds

"Sebetulnya, ini berarti kan opsinya semakin banyak. Tidak tergantung pada local bond, global bond, sukuk, Alhamdulillah sekarang ada respons bagus Komodo Bonds. Nanti, kita lihat nanti," ujar dia singkat.

Selain itu, Sarwono menegaskan jika perseroan tidak terburu-buru dalam mencari dana segar. Sebab, saat ini kondisi pendanaan PLN juga cukup bagus dan tidak ada masalah. Fokus yang dilakukan perseroan saat ini adalah mengelola keuangan dan menjaga likuiditas dengan baik.

Ia juga menyebut bahwa rasio utang saat ini juga sangat aman. Adapun utang yang akan dilunasi tahun depan sekitar Rp7 triliun.

"Alhamdulillah aman lah," pungkas dia.


(AHL)