Luhut Belum Tahu Exxon Hengkang dari Blok East Natuna

Desi Angriani    •    Sabtu, 22 Jul 2017 09:52 WIB
blok natuna
Luhut Belum Tahu Exxon Hengkang dari Blok East Natuna
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Pandjaitan belum mengetahui ihwal keluarnya ExxonMobil dari konsorsium Blok East Natuna. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu mundur lantaran ladang migas tersebut dinilai tak lagi ekonomis.

"Wah saya belum tahu itu," kata Luhut singkat di kantornya, Gedung Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Jumat 21 Juli 2017.

Namun demikian, Luhut mengaku bakal mengecek dan memastikan kembali hal tersebut meski Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerima surat dari ExxonMobil.

Dalam surat tersebut ExxonMobil memberi sinyal akan mundur dari konsorsium perusahaan pengelola blok migas tersebut. "Akan saya cek," ungkap dia.

Seperti diberitakan, faktor biaya yang besar dan kandungan CO2 yang mencapai 72 persen inilah yang menjadi alasan Exxon hengkang dari proyek East Natuna. Exxon sendiri baru saja menyampaikan secara resmi pengunduran perusahaan dari proyek East Natuna dalam pertemuan dengan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM pada Kamis 20 Juli 2017.

Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai hasil Technology and Market Review (TMR). Hasil inilah yang menjadikan alasan Exxon mundur dari blok East Natuna.

 


(AHL)