Ada Tangki Penyimpanan di Karimun

Jangka Waktu Persediaan Cadangan BBM di Indonesia Meningkat

Annisa ayu artanti    •    Senin, 17 Apr 2017 08:09 WIB
bbm
Jangka Waktu Persediaan Cadangan BBM di Indonesia Meningkat
Illustrasi. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan jangka waktu cadangan ketahanan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia bertambah tiga hari semenjak adanya tangki penyimpanan BBM di Karimun.

Hal itu dikatakan Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar. Ia mengungkapkan, sejak beroperasinya tangki penyimpanan BBM 730.000 kiloliter (kl) di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, dianggap mampu menambah cadangan ketahanan BBM dalam negeri selama tiga hari. 

"Ini sama dengan penambahan tiga hari kebutuhan BBM kita di dalam negeri, tiga hari penambahan cadangan kita di seluruh Indonesia," kata Arcandra seperti dikutip dalam laman Kementerian ESDM, di Jakarta, Senin 17 April 2017.

Ia menyebutkan, jumlah kebutuhan oil product Indonesia sebesar 68-70 juta kl per tahun. Jumlah ini sama dengan 250.000 kl kebutuhan minyak dalam sehari. Dengan kapasitas total sebanyak 730.000 kl, beroperasinya tangki penyimpanan ini sama dengan penambahan tiga hari kebutuhan BBM di dalam negeri. 

"Kalau kita bagi ya, kebutuhan kita 68 juta kiloliter kita bagi 365 hari, itu sekitar 250-300 ribu kl per hari. Kalau ini 730 ribu kl dibagi 250 ribu kl sekitar tiga hari penambahan cadangan kita di seluruh Indonesia," jelas dia.

Lalu, berdasarkan data Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Indonesia sebagai negara yang cukup banyak memiliki sumber energi hanya memiliki cadangan operasional BBM sekitar 21 hari. Itu pun milik Badan Usaha PT Pertamina. Selama ini upaya meningkatkan cadangan ketahanan BBM terkendala minimnya pembangunan tangki penyimpanan minyak dan kilang minyak di dalam negeri.

Menurut Arcandra, adanya penambahan kapasitas penyimpanan BBM di Karimun ini diharapkan mampu menambah ketahanan energi nasional. 

"Dengan ini kita berharap supaya ketahanan energi kita bisa ditingkatkan lagi dalam upaya agar kebutuhan kita di dalam negeri terutama oil product, BBM, bisa kita penuhi dengan adanya tangki penyimpanan ini," ungkap dia.

Ia pun menambahkan, pemerintah sangat mendukung dan akan terus mendorong segala upaya yang bertujuan untuk mencapai ketahanan dan kemandirian energi nasional. 

"Ini adalah berita bagus, program seperti ini sangat kita dukung. Dan apalagi Pemerintah Daerah juga sangat mendukung, Pak Gubernur, Pak Bupati sangat mendukung, kita berharap juga di tempat-tempat lain kalau ada investasi yang menuju kepada kedaulatan energi akan kita dukung," tutup dia.


(SAW)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA