Layanan Listrik dan BBM Sulteng Pulih Pekan Depan

Suci Sedya Utami    •    Sabtu, 06 Oct 2018 12:10 WIB
listrikpembangkit listrikplnbbmtarif listrikGempa Donggala
Layanan Listrik dan BBM Sulteng Pulih Pekan Depan
Menteri ESDM Ignasius Jonan (MI/SUSANTO)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berupaya memulihkan layanan energi di Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) usai diguncang gempa bumi dan tsunami.

Menteri ESDM Ignasius Jonan memastikan layanan listrik akan segera pulih pada minggu depan. "Saya pastikan minggu depan sistem kelistrikan akan segera pulih minimal 90 persen," kata Jonan, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Sabtu, 6 Oktober 2018.

Hingga kini setidaknya lima dari tujuh gardu induk yang mencakup Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong sudah beroperasi. Dia mengatakan layanan listrik sudah pulih sekitar 65 persen di mana sebanyak lima persen dipasok dari genset.

Adapun khusus untuk Kota Donggala, menurut Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Wianda Pusponegoro, seluruh gardu telah beroperasi. "Alhamdulillah sebelum azan subuh berkumandang, seluruh gardu (listrik) di Kota Donggala sudah menyala," kata Wianda dalam pesan singkatnya.

Sementara itu, untuk pendistribusian BBM sudah mencapai sekitar 70 persen. Untuk rincian konsumsi mencapai 350 kiloliter per hari dari kebutuhan normal 400 kl per hari. "Pendistribusian BBM mempertimbangkan lokasi dengan kepadatan penduduk dan urgensi kebutuhan masyarakat," jelas Jonan.

Saat ini, sebanyak 12 dari 17 SPBU yang tersebar merata di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong sudah bisa melayani kebutuhan BBM. "Saya harapkan akan normal dalam seminggu ke depan," pungkas Jonan.


(ABD)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

1 day Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA