PLN Beri Token Listrik Gratis ke Pengungsi Gunung Sinabung

Annisa ayu artanti    •    Senin, 09 Apr 2018 19:14 WIB
listrikpln
PLN Beri Token Listrik Gratis ke Pengungsi Gunung Sinabung
PLN -- Foto: Antara/ M Agung Rajasa.

Jakarta: PT PLN (Persero) memberikan bantuan token listrik gratis selama satu tahun untuk 286 hunian sementara (Huntara) kepada pengungsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Total pendanaan untuk token listrik tersebut senilai Rp279 juta.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti kunjungan Menteri ESDM pada Maret 2018 lalu.

"Kami menindaklanjuti kunjungan Menteri ESDM Bapak Ignasius Jonan pada kesempatan yang lalu untuk membantu para pengungsi Huntara untuk mendapatkan satu kWh meter untuk satu rumah karena sebelumnya beberapa rumah menggunakan satu kWh meter," ujar Hendra dalam keterangan tertulis, Senin 9 April 2018.

Sementara itu, Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali mengatakan penyediaan token gratis adalah salah satu program CSR perseroan.

"Bantuan berupa token listrik gratis yang diharapkan dapat mendukung kegiatan ekonomi dan membantu pengungsi penghuni (Huntara) untuk memulai menata perekonomian keluarga kembali sehingga memperkecil kesenjangan antara penghasilan dan standar kebutuhan hidup yang layak pasca erupsi," jelas Ali

Seperti diketahui, Gunung Sinabung merupakan gunung berapi yang sangat aktif dan memliliki aktivitas level IV atau Awas. Tercatat sejak akhir 2013 hingga awal 2014 mengalami lebih dari 750 kali erupsi. Bahkan terakhir erupsi terjadi pada hari Jumat, 6 April 2018 kemarin pada pukul 16.07 WIB dengan kolom asap letusan mencapai 7.460 meter di atas permukaan laut disertai awan panas. 

Terlebih lagi letusan terbesar terjadi pada 19 Februari 2018 lalu yang berdampak pada kerusakan dan kerugian masyarakat di kawasan tersebut, khususnya masyarakat di delapan desa yang ditempatkan di pengungsian dan sebagian warga lainnya yg ditempatkan di Hunian Sementara (Huntara) yang dibangun Pemerintah. 


(Des)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

11 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA