Distribusi Tertutup Tabung Elpiji 3 Kg Dinilai Untungkan Negara

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 19 Sep 2016 20:08 WIB
elpiji 3 kg
Distribusi Tertutup Tabung Elpiji 3 Kg Dinilai Untungkan Negara
Elpiji 3 kg (ANT/Andreas Fitri Atmoko).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan sedang melakukan proyek pencotohan implementasi distribusi tertutup elpiji tiga kilogram (kg) di Tarakan, Kalimantan Utara.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja mengatakan proyek tersebut akan dilakukan pada 2017. Nantinya, distribusi tertutup itu akan dilakukan di seluruh Indonesia secara bertahap.

"Kita akan menjamin setiap rumah tangga akan mendapatkan elpiji subsidi tiga kg dan harganya pasti terjangkau tidak tinggi dari harga eceran tertinggi (HET)," ujar Wiratmaja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2016).

Ia menambahkan, distribusi tertutup ini juga menguntungkan bagi negara. Ia memperkirakan penghematan subsidi tertutup kisaran Rp13 triliun hingga Rp18 triliun. Tidak hanya itu, kebocoran pengguna subsidi elpiji juga bisa ditekan.

"Kuota (LPG subsidi) 6,9 juta ton per tahun. Dari situ kebocoran sekitar 10 persen. Kami harapkan setelah penerapan distribusi tertutup, kebocoran bisa ditekan," katanya.

Penyebab kebocoran, lanjut Wiratmaja, lantaran terjadi pada pengoplosan elpiji tabung tiga kg untuk diisikan ke tabung 12 kg. Selain itu, kebocoran pengguna elpiji tiga kg juga terjadi karena elpiji bersubsidi ini digunakan oleh restoran dan hotel.

"Alokasi anggaran subsidi elpiji tiga kg sekitar Rp28,8 triliun. Jika ketentuan penerima diubah, kebutuhan subsidi LPG tiga kg hanya sekitar Rp10 triliun," pungkas dia.


(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA