Hemat Anggaran, Pembangunan Kilang dan Infrastruktur Gas tak Pakai APBN

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 14 Jul 2017 11:03 WIB
kilang minyak
Hemat Anggaran, Pembangunan Kilang dan Infrastruktur Gas tak Pakai APBN
Menteri ESDM Ignasius Jonan. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan akibat penghematan anggaran Rp461,1 miliar, pembangunan kilang minyak dan infrastruktur gas di masa mendatang tidak menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan pembangunan dan pengerjaan infrastruktur tersebut akan diserahkan langsung ke badan usaha swasta dan BUMN.

"Kalau yang bisa dikerjakan badan usaha, baik badan usaha swasta atau badan usaha milik pemerintah, seperti pembangunan kilang-kilang minyak dan gas itu diserahkan ke badan usaha," kata Jonan saat ditemui di Komplek Parlementer Senayan Jakarta, Kamis malam 13 Juli 2017.

Ia menyontohkan pembangunan kilang minyak nantinya akan diserahkan langsung kepada PT Pertamina (Persero) tanpa menggunakan APBN.

"Jadi ini kami serahkan Pertamina bangun sendiri, jadi tidak usah pakai APBN," ucap dia.

Lalu soal penambahan jaringan gas, Jonan mengatakan jika penambahan tersebut tidak bisa dilaksanakan karena adanya penghematan anggaran. Namun, jika kedepannya Kementerian ESDM dapat melakukan penghematan lagi, penambahan jaringan gas akan dilakukan.

"Ya tidak bisa kalau ini dikurangi. Tapi kan dari yang awal kita tidak kurangi. Tapi nanti, kalau ada penghematan kita akan masukan lagi (jargas)," imbuh dia.

 


(AHL)