Menteri BUMN: Pertamina Tak Boleh Menahan Pasokan Premium

Anwar Sadat Guna    •    Rabu, 11 Apr 2018 15:02 WIB
premium langka
Menteri BUMN: Pertamina Tak Boleh Menahan Pasokan Premium
Menteri BUMN Rini Soemarno mengunjungi kegiatan Program Padat Karya Tunai tahun 2018 di Kampung Panau, Nongsa, Kota Batam, Rabu, 11 April 2018.

Batam: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menekankan Pertamina agar mampu menjaga pasokan premium di Tanah Air. Pertamina harus bisa memenuhi kebutuhan BBM premium di seluruh wilayah Jawa dan Luar Pulau Jawa untuk masyarakat. 

Demikian ditegaskan Menteri BUMN Rini Soemarno di sela kunjungannya menghadiri Program Padat Karya Tunai Tahun 2018 di Kampung Panau, Nongsa, Kota Batam, Rabu, 11 April 2018.

"Sesuai dengan instruksi Presiden, Pertamina tidak bisa menahan (pasokan) premium. Premium harus didistribusikan ke wilayah di Indonesia agar tidak terjadi kelangkaan," ujar Rini.

Baca: Presiden Minta Pasokan Premium Dijaga

Ia menambahkan bahwa Pertamina ini juga merupakan salah satu agen pembangunan sehingga melalui program-program yang ada, Kementerian BUMN siap memberikan kemudahan agar pasokan dan distribusi BBM jenis premium tetap terjaga.

"Dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan, kita harapkan Pertamina mampu mendistribusikan premium ke berbagai wilayah di Indonesia," tegasnya. Ketika ditanya apakah akan ada evaluasi terhadap direksi Pertamina? Sembari tersenyum, Rini menjawab,"akan kita lihat nanti."

Baca: Dua Penyebab Premium Langka

Seperti diketahui, Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan Kementerian BUMN dan Pertamina menjaga pasokan BBM jenis premium karena terjadi kelangkaan di sejumlah wilayah di Indonesia. 

Terkait hal itu, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menjelaskan bahwa kelangkaan terjadi karena langkah korporasi Pertamina. Kementerian ESDM sebagai regulator sudah mengirim surat kepada Pertamina untuk tetap menjaga pasokan premium.


(ALB)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

1 day Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA