PGN-Pertagas Teken Kerja Sama Pipa Gas Duri-Dumai

Annisa ayu artanti    •    Sabtu, 11 Nov 2017 12:29 WIB
pertaminaperusahaan gas negara (pgn)pertagas
PGN-Pertagas Teken Kerja Sama Pipa Gas Duri-Dumai
Ilustrasi. (FOTO: Media Indonesia)

Jakarta: PT Perusahan Gas Negara Tbk (PGN) telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan anak usaha PT Pertamina (Persero) yaitu PT Pertamina Gas (Pertagas) terkait dengan pembangunan pipa gas bumi Duri-Dumai.

Perjanjian ini ditandatangani oleh Direktur Utama Pertagas Suko Hartono dan Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Dilo Seno Widagdo.

Dalam kerja sama operasi (KSO) itu, PGN menguasai 40 persen saham sedangkan Pertagas memiliki saham 60 persen. Dengan porsi tersebut, investasi proyek senilai USD52 juta atau setara Rp702 miliar (kurs Rp13.500 per USD).

"Ini akan bersumber dari kas internal masing-masing perusahaan," kata Dilo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu 11 November 2017.

Selain itu, ia menjelaskan, dengan kesepakatan tersebut, KSO PGN dan Pertagas pada Jumat 10 November sekaligus menandatangani Kesepakatan dan Komitmen Penggunaan Jalur Tol Trans Sumatera milik PT Hutama Karya (Persero) (HK).

"Rencananya, sekitar 40 kilometer jalur pipa akan berada pada jalur jalan tol Pekanbaru-Dumai yang saat ini sedang dalam fase konstruksi oleh HK," imbuh Dilo.

Menurut Dilo, sinergi dengan HK ini sekaligus upaya perusahaan untuk mempercepat proses pembangunan karena sebagian besar lahan sudah dibebaskan.

“Target kami per 1 Oktober 2018 gas bumi sudah mengalir ke pelanggan di Dumai,” tutup Dilo.

Adapun, gas yang akan dialirkan ke pipa ini berasal dari Blok Corridor yang dikelola oleh ConocoPhillips di Sumatera Selatan. Selain itu, akan ada tambahan gas dari Blok Bentu yang dioperasikan oleh PT Energi Mega Persada (EMP).

Total pasokan gas yang akan mengalir ke jaringan pipa transmisi tersebut sekitar 200 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Gas tersebut akan mengalir memenuhi kebutuhan industri di Riau, industri petrokimia, dan operasional kilang Dumai milik Pertamina.


(AHL)