Pelanggan Listrik 900 VA akan Mengalami Peningkatan Daya

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 14 Nov 2017 20:18 WIB
tarif listrik
Pelanggan Listrik 900 VA akan Mengalami Peningkatan Daya
Illustrasi. ANT/Umarul Faruq.

Jakarta: Dalam rangka penyederhanaan kelas golongan pelanggan listrik nonsubsidi, pemerintah juga akan menyesuaikan supaya pelanggan 900 VA nonsubsidi untuk ditingkatkan dayanya menjadi 1.300 VA.

"Yang 900 VA yang rumah tangga mampu itu akan disesuaikan," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa 14 November 2017.

Meskipun akan mengalami peningkatan daya, Jonan menyebutkan, nantinya tarif listrik untuk para pelanggan 900 VA nonsubsidi itu tidak mengalami perubahan. Tarif akan sama seperti tarif awal.

"Tarifnya kesepakatan tidak boleh naik. Tetap gunakan tarif yang 900 VA," ucap dia.

Lalu untuk penambahan daya, Jonan juga menegaskan tidak akan dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

"Jadi peningkatan daya tidak ada biaya apa-apa. Kalau dulu kan peningkatan daya udah mintanya agak lama terus bayar. Bayarnya juga mahal kan biasanya dan sebagainya lebih tinggi lah ongkosnya berapa ratus tibu sampai jutaan tergantung kapasitasnya. Sekarang tidak lagi," papar dia.

Di sisi lain, ketika ditanya berapa jumlah kelas dari penyederhanaan kelas pelanggan tersebut, Jonan belum bisa menyebutkan rinci. Ia mengatakan, sampai saat ini masih dalam pembahasan.

Seperti diketahui, pemerintah sedang menggodok penyederhanaan kelas pelanggan non-subsidi. Pemerintah akan meningkatkan daya 1.300 VA, 2.200 VA, 3.300 VA, dan 4.400 VA menjadi 5.500 VA.

 


(SAW)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA