Pemerintah Perlu Bantu Inalum Tumbuh Menjadi Raksasa

Media Indonesia    •    Minggu, 03 Dec 2017 16:50 WIB
inalum
Pemerintah Perlu Bantu Inalum Tumbuh Menjadi Raksasa
lustrasi produk milik Inalum. ANT/Irsan Mulyadi.

Jakarta: Pemerintah perlu membantu holding tambang PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) untuk tumbuh menjadi usaha raksasa dan masuk dalam 500 perusahaan terkemuka pada 2025 dengan penyertaan modal negara (PMN). Tujuannya supaya belanja Inalum bisa leluasa dan memperbesar peta ekspansi.

"Pemerintah perlu menambah PMN ke Inalum untuk memperkuat basis modal. Dengan konsep holding artinya PMN angkanya bisa meningkat dua kali lipat. Modal yang disetor Negara itu asal diawasi oleh DPR bisa mendorong belanja modal Inalum," ujar peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira Adhinegara dikutip dari Media Indonesia, Minggu, 3 Desember 2017.

Menurut dia, pemerintah juga perlu merelaksasi PNBP dan dividen perusahaan holding yang disetor ke negara. Sehingga sisa laba BUMN bisa di investasikan ke tahun berikutnya.

"Pemerintah juga perlu memperkuat manajemen internal BUMN holding dengan memilih direksi yang berkualitas. Karena scope nya diperluas ke banyak lini perusahaan yang berbeda maka kompetensi direksi jadi hal yang utama," tegasnya.


(SAW)