Saka Energi Teken Dua Hasil Lelang WK Migas 2017

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 15 May 2018 09:28 WIB
migassaka energi indonesia
Saka Energi Teken Dua Hasil Lelang WK Migas 2017
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna)

Jakarta: PT Saka Energi telah menandatangani kontrak dua wilayah kerja migas hasil lelang 2017 yaitu Pekawai dan West Yamdena. Dua kontrak tersebut menggunakan skema kontrak bagi hasil atau Production Sharing Contract (PSC) gross split.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, Djoko Siswanto yang menyaksikan penandatanganan kontrak antara Saka Energi dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) berharap melalui penandatanganan dua wilayah kerja ini Saka Energi bisa menemukan cadangan migas baru.

"Komitmen untuk investasi khusus adalah dengan skema gross split ini dan kita berharap (Saka Energi) dapat menemukan cadangan yang lebih besar," kata Djoko, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa, 15 Mei 2018.

Djoko menjelaskan komitmen pasti dan bonus tanda tangan yang diterima pemerintah dari penandatanganan dua wilayah kerja tersebut sebesar USD13,5 juta atau Rp188,8 miliar. Saka Energi sudah menyetorkan pembayaran bonus tanda tangan dan jaminan pengelolaan dua wilayah kerja tersebut.

"Kontraktor juga telah menyelesaikan kewajiban finansial yaitu pembayaran bonus tanda tangan dan jaminan pelaksanaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelas Djoko.

Sementara itu, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi menilai, Saka Energi memiliki kemampuan untuk melaksanakan komitmen pasti terutama dari sisi finansial. "Mari bekerja sama agar prosesnya bisa kita kerjakan lebih cepat dan lebih efisien sehingga wilayah kerja ini bisa discovery dan syukur-syukur ada giant discovery," imbuh Amien.

Seperti diketahui, dari penandatanganan dua wilayah kerja ini, Saka Energi Sepinggan akan menjadi operator wilayah kerja Pekawai dengan komitmen pasti eksplorasi adalah G & G dan satu sumur eksplorasi dengan total investasi senilai USD10,45 juta dan bonus tandatangan USD500 ribu.

Sementara wilayah kerja Blok West Yamdena, dioperatori PT Saka Energi Yamdena Barat dengan komitmen pasti eksplorasi yaitu G & G dan Akuisisi Data Seismik 2D 1,000 km, dengan total investasi senilai USD2,1 juta dan bonus tanda tangan USD500 ribu.

 


(ABD)