Subsidi Energi Terbarukan akan Tetap Ada

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 21 Sep 2016 20:58 WIB
energi terbarukan
Subsidi Energi Terbarukan akan Tetap Ada
Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana (kanan). (FOTO: MI/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan penolakan Badan Anggaran (Banggar) terhadap anggaran subsidi energi baru terbarukan (EBT) sebesar Rp1,1 triliun merupakan permasalahan terminologi.

Rida menjelaskan, Banggar sebenarnya setuju dengan anggaran tersebut, hanya tidak tepat bila pengalokasian dana tersebut dinamai subsidi. Sebab, subsidi identik dengan bantuan yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu.

Banggar pun sebenarnya menyetujui adanya bantuan dana untuk mengerjakan proyek EBT, mengingat pada 2025 capaian penggunaan EBT mencapai 23 persen.

"Banggar sangat mendukung EBT. Yang ditolak adalah mata anggaran belanjanya. Jangan subsidi. Kata ketua banggar saat itu, jangan menggunakan mata anggaran subsidi," kata Rida di kantor EBTKE, Jalan Cikini Raya, Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Rida menjelaskan, sebenarnya dari Komisi VII DPR-RI dan Kementerian Keuangan juga menyetujui anggaran tersebut. Oleh karenanya, Wakil Ketua Banggar yang saat itu meminta Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasi Nazar untuk mencarikan jenis belanja lain untuk mengakomodir insentif EBT tersebut.

"Pak Said menyampaikan ke Suahasil tolong carikan jenis belanja lain untuk akomodir insentif ini. DPR sangat mendukung tapi jangan pakai mata anggaran Subsidi," ucap dia.

Pada Jumat, 23 September 2016, dirinya akan membahas bersama Dirjen Anggaran, Askolani dan Komisi VII DPR-RI akan mebahasnya mencari bentuk lain dari subsidi tersebut. Ia pun juga menuturkan, besaran anggarannya tidak akan diubah.

"Baru Jumat baru akan bertemu dengan Askolani untuk mencari bentuk lain dari insentif dari pengembangan EBT," pungkas dia.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA