Jelang Lebaran Konsumsi Meningkat

Pertamina Pastikan Ketersediaan Elpiji Aman

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 13 Jun 2018 12:39 WIB
pertaminaelpiji 3 kgstok bbmelpijiMudik Lebaran 2018
Pertamina Pastikan Ketersediaan Elpiji Aman
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Jakarta: PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan elpiji tiga kilogram (kg) dan elpiji nonsubsidi dalam kondisi aman meski terjadi peningkatan konsumsi menjelang Idulfitri. Hal semacam ini diharapkan memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat terkait ketersediaan elpiji.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan peningkatan konsumsi elpiji ini sesuai dengan perkiraan. Berdasarkan data Satgas Ramadan dan Idulfitri konsumsi elpiji sudah mencapai 27,8 ribu Metrik Ton (MT) per hari atau naik sekitar 20 persen dari kondisi normal.

"Naiknya konsumsi elpiji sesuai dengan estimasi Pertamina," kata Adiatma, di Jakarta, Rabu, 13 Juni 2018.

Adiatma menjelaskan Satgas Ramadan dan Idulfitri telah memperkirakan kenaikan konsumsi elpiji pada rata-rata 24 ribu MT per hari atau naik empat persen dari kondisi normal yang hanya 23 ribu MT per hari. Konsumsi elpiji ini diperkirakan akan terus naik hingga Idulfitri.

Untuk mengantisipasi kekurangan pasokan, lanjutnya, Pertamina telah menambah jumlah pasokan elpiji tersebut. Pertamina juga bekerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) untuk mengadakan pasar murah di beberapa daerah untuk mengantisipasi kenaikan permintaan secara drastis.

"Kami telah menyiapkan stok elpiji lebih dari 362 ribu MT di seluruh wilayah Indonesia dengan ketahanan stok 17 hari," pungkas dia.

 


(ABD)