Warga Waigama Papua Barat Rasakan BBM Satu Harga

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 14 Nov 2018 19:24 WIB
bbmbbm satu harga
Warga Waigama Papua Barat Rasakan BBM Satu Harga
BBM. MI/Panca Syaukarni.

Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan lembaga penyalur bahan bakar minyak (BBM) satu harga di Waigama, Distrik Misool Utara, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Peresmian stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Kompak Waigama dilakukan oleh Anggota Unsur Pemangku Kepentingan (AUPK) Dewan Energi Nasional (DEN) Achdiat Atmawinata, Syamsir Abduh, dan Rinaldy Dalimi, bersama Region Manager Retail Fuel Marketing VIII PT Pertamina (Persero) Fanda Chrismianto, dengan disaksikan jajaran TNI, Polri, dan tokoh masyarakat Misool Utara.

Dengan kehadiran SPBU Kompak di daerah tersebut waga Waigama bisa menikmati BBM dengan harga yang sama Rp6.450 per liter untuk premium dan Rp5.150 per liter untuk solar.

"Alhamdulillah, dengan beroperasinya SPBU Kompak Waigama pada hari ini masyarakat akhirnya mendapatkan BBM sesuai harga yang ditetapkan Pemerintah," kata Achdiat saat peresmian, Rabu, 14 November 2018.

Achdiat mengatakan BBM satu harga merupakan salah satu agenda prioritas Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk membangun Indonesia dari pinggiran. Kehadiran BBM satu harga ini diharapkan membawa dampak positif bagi perekonomian serta meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Misool.

Sementara itu Rinaldy mengatakan peresmian SPBU Kompak ini merupakan SPBU BBM satu harga ketujuh yang didirikan di Papua Barat. Sebelumnya telah dioperasikan SPBU Satu Harga di Pegunungan Arfak (Distrik Anggi), Sorong Selatan (Inanwatan dan Moswaren), Tambrauw (Sausapor), Teluk Bintuni (Manimeri), dan Maybrat (Ayamaru).

"SPBU Kompak Waigama di Misool Utara ini adalah SPBU ketujuh atau yang terakhir didirikan di Papua Barat dalam rangka program BBM satu harga," kata Rinaldy.

Franda mengatakan SPBU Kompak Waigama merupakan SPBU ke-29 yang telah beroperasi dari rencana 67 lembaga penyalur BBM satu harga yang akan didirikan tahun ini.


(SAW)