2018, Pertamina Target Ketahanan Stok Premium & Solar 30 Hari

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 11 Oct 2017 11:17 WIB
premium
2018, Pertamina Target Ketahanan Stok Premium & Solar 30 Hari
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Adimaja)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) menargetkan tahun depan ketahanan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar bisa mencapai 30 hari.

Direktur Pemasaran Pertamina M Iskandar mengatakan, target ini dilakukan lantaran adanya tambahan (upgrading) pembangunan infrastruktur pada tangki-tangki BBM di Terminal BBM (TBBM) Tanjung Uban dan TBBM Tuban.

Ia menyebutkan, saat ini kondisi ketahanan stok premium dan solar belum mencapai 30 hari. Ketahanan stok premium baru sekitar 26 hari. Sedangkan solar pernah mencapai 30 hari.

"Solar sempat sudah bisa 30 hari, kalau premium level 22 sampai 26 hari, tambah sedikit lah," kata Iskandar saat ditemui di Komplek Parlementer Senayan, Jakarta, seperti diberitakan Rabu 11 Oktober 2017.

Berdasarkan rencana perseroan, Iskandar menuturkan, upgrading kapasitas TBBM Tuban sebanyak 2x50.000 kiloliter (kl) dan TBBM Tanjung Uban sebanyak 2x20.000 kl. Peningkatan kapasitas BBM di TBBM Tuban diproyeksikan akan terealisasi Maret tahun depan. Sementara TBBM Tanjung Uban di pertengahan tahun depan.

"Tuban kan tambah 2x50.000, cuma kalau Tuban ini mungkin masih bulan maret tahun depan baru jadi," ucap dia.

Selain dari peningkatan kapasitas di dua TBBM tersebut, Iskandar melanjutkan, penambahan kapasitas juga dilakukan di beberapa TBBM di daerah lain seperti Wayame, Baubau, Padang, dan Bali. Dari penambahan-penambahan kapasitas itu ditargetkan pada 2018 ketahanan stok bisa mencapai 30 hari.

"Bisa lah (di 2018 ketahanan stok 30 hari). Cuma kan kita belum ada kewajiban 30 hari tidak mungkin kami stok 30 hari, isinya kan kami komersilkan duitnya menganggur di situ. Kesiapan infrastruktur dulu," tutup dia.


(AHL)