Uji Coba Pemasaran Elpiji Nonsubsidi 3 Kg Dilakukan Enam Bulan

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 10 Jul 2018 11:48 WIB
pertaminaelpiji 3 kg
Uji Coba Pemasaran Elpiji Nonsubsidi 3 Kg Dilakukan Enam Bulan
Pertamina uji coba elpiji 3 kg nonsubsidi. (FOTO: Dok Pertamina)

Jakarta: PT Pertamina (Persero) mulai melakukan uji pasar penjualan tabung elpiji nonsubsidi tiga kg di dua kota besar yakin Jakarta dan Surabaya.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Syahriah Mukhtar mengatakan uji coba akan dilakukan selama enam bulan.

Syahrial menjelaskan uji coba dilakukan sebagai acuan perseroan untuk melihat animo  ketertarikan masyarakat terhadap hadirnya produk tersebut. Serta untuk melihat adakah kekurangan dari produk tersebut sehingga menjadi bahan evaluasi Pertamina.

"Tiga sampai enam bulan ini bisa langsung kita lihat bagaimana animo masyarakat. Reaksi bagaimana, kemudian waktu distribusi perlu lihat, supaya ketika masif itu sudah smooth semua," ujar Syahrial di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 9 Juli 2018.

Produk elpiji nonsubsidi yang dipasarkan berwarna pink fuschia seperti bright gas digelontorkan sebanyak 5.000 tabung yang didistribusikan 3.000 di Jakarta dan 2.000 di Surabaya.

Uji coba ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tidak ma?uk dalam kriteria penerima subsidi namun ingin menggunakan tabung gas dengan ukuran mini.

Meskipun demikian Syahrial belum bisa memastikan dampak kehadiran gas elpiji nonsubsidi tersebut dalam mengendalikan gas melon agar tepat sasaran. Pertamina baru akan mengkalkulasikan seperti apa mekanisme dan potensi terjadinya shifting konsumsi.

"Kita sasar masyarakat yang bukan target subsidi, belum pasang target berapa. Setelah uji coba baru kalkulasi dampak shifting. Kita juga harap shifting dari yang harusnya tidak terima tiga kg subsidi ke tiga kg nonsubsidi," jelas Syahrial.

 


(AHL)