Pertamina Mengurangi Rencana Pengeboran Blok Mahakam

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 18 May 2017 06:29 WIB
blok mahakam
Pertamina Mengurangi Rencana Pengeboran Blok Mahakam
Ilustrasi. Antara/Zabur Karuru.

Metrotvnews.com, Jakarta?: PT Pertamina (Persero) mengurangi rencana pengeboran sumur di Blok Mahakam yang semula 19 sumur menjadi 14 sumur di tahun 2017. Pengurangan rencana pengeboran dilakukan untuk menjaga produksi blok Mahakam.

Direktur Hulu Migas Pertamina, Syamsu Alam mengatakan, untuk mengebor 14 sumur ini perseroan menyiapkan dana sebesar USD160 juta. Pengeboran pertama rencananya akan dilakukan pada Juni mendatang.

"Kita drilling akhirnya 14 sumur. Bulan Juni sudah mulai. Site preoratation sudah mulai," kata Syamsu di JCC, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Blok Mahakam merupakan salah satu blok migas tertua yang ada di Indonesia. Penurunan produksi natural diprediksi akan terus terjadi di blok tersebut. Oleh karena itu, dengan tambahan pengeboran pada masa transisi diharapkan dapat membantu menjaga kestabilan produksi gas tersebut.

"Kalau misal sekarang teman-teman Mahakam bisa maintaince sampe 1,4 trillion cubic feet (TCF), mungkin dengan ada sumur kita tambahan bisa lebih tinggi," ucap dia.

Sekadar informasi, pada tahun 2017 produksi blok Mahakam ditargetkan sebesar 1,4 TCF. Produksi itu dapat dicapai dengan kegiatan operasi yang saat ini tengah dilakukan. Namun karena ada penurunan produksi natural (natural decline) perlu ada usaha lebih yakni pengeboran pada masa transisi.

Sebelumnya, pada masa transisi Pertamina berencana melakukan pengeboran sumur sebanyak 19 sumur. Sementara operator eksisting akan melakukan pengeboran sebanyak enam sumur.


(REN)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

5 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA