Merosot, Laba Pertamina Cuma Rp5 Triliun hingga September

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 04 Dec 2018 16:24 WIB
pertamina
Merosot, Laba Pertamina Cuma Rp5 Triliun hingga September
Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius K Ro. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya)

Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merilis performa keuangan perusahaan pelat merah hingga kuartal III-2018, salah satunya yakni PT Pertamina (Persero).

Dari laporan unaudited yang dikemukakan oleh Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius K Ro, di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa, 4 Desember 2018, tersebut diketahui bahwa laba perusahaan migas itu hingga September sebesar Rp5 triliun.

Jumlah ini merosot atau jauh dari tahun sebelumnya. Pada kuartal yang sama tahun lalu labanya mencapai Rp26,8 triliun. Serta hingga akhir tahun lalu Pertamina bisa mencatatkan laba hingga Rp35 triliun.

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno pernah mengatakan laba bersih Pertamina hingga pertengahan tahun atau semester I masih di bawah Rp5 triliun. Padahal dalam rencana kerja anggaran perusahaan (RKAP) Pertamina menargetkan sebesar Rp32 triliun.

"Tidak sampai Rp5 triliun. Masih jauh dari RKAP," kata Fajar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, September lalu.

Menurut Fajar hal ini tidak terlepas dari pergerakan harga minyak dunia yang mengalami kenaikan. Namun di sisi lain Pertamina tetap harus menjalankan fingsi penugasan sebagai BUMN dan harus menahan harga BBM penugasan atau premium.

Menteri BUMN Rini Soemarno dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati pun berkali-kali menegaskan keuangan perseroan masih tetap aman hingga kini meski diterpa dengan kenaikan harga minyak.

 


(AHL)


Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

34 minutes Ago

Struktur organisasi dari BP Batam dipastikan tidak berubah meski figur pemimpin dalam organisas…

BERITA LAINNYA