Beri Subsidi Tepat Sasaran, Negara Hemat Rp100 Triliun

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 22 Sep 2016 16:45 WIB
elpiji 3 kg
Beri Subsidi Tepat Sasaran, Negara Hemat Rp100 Triliun
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman merangkap Plt Menteri ESDM Luhut Binsar Panjaitan. (FOTO: Antara/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan kementerian akan berhemat sekitar Rp100 triliun bila subsidi diberikan tepat sasaran.

Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bila subsidi-subsidi yang telah dialokasikan oleh Kementerian ESDM tepat dan terukur maka dalam tahun-tahun ke depan bisa menghemat Rp100 triliun.

"Kalau itu kita bisa lihat lagi dengan jernih, saya tidak terlalu berlebihan. Kita bisa dekat-dekat Rp100 triliun menghematnya dengan pemikiran, satu subsidi yang tepat," kata Luhut, dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR-RI, di Komplek Parlementer, Senayan, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Luhut menyebutkan, salah satu jenis subsidi yang dimaksud adalah subsidi distribusi tertutup untuk elpiji 3 kilogram (kg). Dengan pola distribusi tersebut, maka subsidi akan jatuh kepada orang yang benar-benar membutuhkan.

"Seperti Elpiji, kita benar-benar mau tertutup terus ternyata di beberapa tempat yang dilaporkan Prof Wirat disikapi dengan baik. Di Tarakan misalnya, karena langsung ke orang yang tepat," jelas dia.

Luhut menambahkan, melihat kedaan global saat ini dan melakukan penghematan secara maksimal, maka akan berdampak positif bagi negara. Pasalnya, ia mempercayai perhitungan Prof. Soemtrojaya Hadikusumo beberapa tahun lalu yang mengatakan ada inefisiensi besar yakni 30 persen di negeri ini.

"Jadi banyak kalau kita bersama melihat keadaan global, kalau lakukan penghematan di sana sini akan membuat kita lebih bagus," pungkas dia.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA