Pemerintah Tambah Lelang Dua Wilayah Kerja Panas Bumi

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 22 Sep 2016 10:20 WIB
kementerian esdm
Pemerintah Tambah Lelang Dua Wilayah Kerja Panas Bumi
Ilustrasi sumur migas. (FOTO: Media Indonesia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menambah lagi daftar lelang Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) menjadi empat WKP. Dua lelang WKP tambahan tersebut adalah WKP Gunung Galunggung dan WKP Gunung Wilis.

Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Yunus Saefulhak mengungkapkan pengumuman lelang dilakukan secara bertahap. Untuk WKP Gunung Galunggung terletak di kabupaten Tasikmalaya, Garut, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat dengan wilayah seluas 57.330 hektare (ha). Sementara WKP Gunung Wilis terletak di Kabupaten Nganjuk, Kediri, Tulungagung, Ponorogo, Madiun, Jawa Timur. WKP Gunung Wilis memiliki luas wilayah 20.840 ha.

"Pengumuman lelang semua WKP ini dibagi bertahap sebelumnya untuk WKP Graho Nyabu dan Gunung Hamiding diumumkan pada 20 September dengan batas akhir pendaftaran 20 Oktober. Lalu untuk Gunung Galunggung dan Gunung Wilis diumumkan pada 27 September dengan batas akhir pendaftaran 27 Oktober," kata Yunus dalam diskusi di Kantor Ditjen EBTKE, Jalan Cikini Raya, Jakarta, Rabu, 21 September.

Yunus menjelaskan, WKP Gunung Galunggung memiliki cadangan terduga sebesar 160 megawatt (mw), namun direncanakan pengembangan sebesar 110 mw. Lalu, untuk WKP Gunung Wilis memiliki cadangan terduga 50 mw akan dikembangkan dengan kapasitas 2x10 mw.

Nilai investasi untuk kedua WKP ini sebesar USD520 juta atau sekitar Rp6,8 triliun. Direncanakan, WKP Gunung Galunggung akan beroperasi secara komersil (Commercial Operation On Date/COD) pada 2024. Sedangkan, untuk WKP Gunung Wilis COD pada 2025.

"Nilai investasi untuk pengembangan kedua WKP itu USD520 juta," ujar Yunus.

Setelah mengumumkan empat lelang WKP, pemerintah akan melakukan lelang empat WKP lainnya sesuai dengan target tahun ini. Empat WKP yang belum dilelang adalah WKP Simbolon Samosir dengan kapasitas 110 mw, WKP Gunung Pandan dengan kapasitas 40 mw, WKP Gunung Geuredong dengan kapasitas 55 mw, dan WKP Ciremai dengan kapasitas 110 mw.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA