Alami Pergeseran Konsumsi, Impor Premium Terus Menurun

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 21 Sep 2016 19:50 WIB
premium
Alami Pergeseran Konsumsi, Impor Premium Terus Menurun
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) melalui Integrated Supply Chain (ISC) memproyeksikan akan ada penurunan impor Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium pada 2016 karena pergeseran konsumsi dari premium ke pertamax.

Vice President ISC Daniel Purba memaparkan, realisasi impor BBM Agustus 2016 sebesar 7,8 juta barel kemudian pada September mengalami penurunan menjadi 6,9 juta barel. Penurunan ini diprediksi akan terus terjadi hingga akhir tahun.

"Nah, September turun jadi 6,9 juta barel. Lalu Oktober rencananya turun lagi menjadi 5,4 juta barel dan ke depannya akan terus turun," kata Daniel, di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Daniel menjelaskan, penurunan tersebut akan terus terjadi karena Pertamina melakukan pembangunan Refinery Development Masterplan Program (RDMP), pembangunan beberapa kilang baru dan juga pergeseran konsumsi dari premium ke pertamax.

Impor pertamax mengalami peningkatan dari Agustus sebanyak 1,4 juta barel menjadi 2,7 juta barel pada September. Kemudian, pada bulan depan pun diproyeksikan impor pertamax mengalami peningkatan sebesar 3,1 juta barel.

"Jadi terjadi pergeseran konsumsi dari premium RON 88 jadi pertamax. Periode Agustus-September-Oktober dan seterusnya pertamax akan mengalami peningkatan," jelas dia.

Untuk mengatasi tren tersebut, Daniel akan menyusun strategi dengan cara mengurangi stok premium.

"Stok premium kita dalam beberapa bulan terakhir ini cukup tinggi, jadi suplainya kita siapkan, tapi permintaannya yang menurun sehingga stok kita agak meningkat dalam satu-dua bulan terakhir. Tren ini akan kita antisipasi dengan turunkan stoknya karena demand berkurang dengan menurunkan," tutup dia.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA