Pemerintah Buka Lelang WKP Gunung Hamiding dan Graho Nyabu

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 21 Sep 2016 13:11 WIB
panas bumi
Pemerintah Buka Lelang WKP Gunung Hamiding dan Graho Nyabu
Gedung Kementerian ESDM (Foto: dokumentasi Setkab)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengumumkan lelang dua Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Gunung Hamiding dan Graho Nyabu dengan kapasitas masing-masing kapasitas 20 megawatt (MW) dan 110 MW.

Berdasarkan data yang didapatkan Metrotvnews.com, Rabu 21 September 2016, untuk lelang WKP Gunung Hamiding lokasinya berada di Halmahera Utara, Maluku Utara. Luas WKP tersebut 42.100 hektare (ha). Rencana kapasitas pengembangan sebesar 20 MW dan target beroperasi komersil (Comercial On Date/COD) pada 2024.

Lalu, lelang kedua yang diumumkan adalah lelang WKP Graho Nyabu yang terletak di Merangin, Kerinci, Jambi dengan kapasitas cadangan 110 MW. Luas WKP tersebut 109.000 ha dan akan beroperasi komersil 2025.

Badan usaha atau konsorsium yang berminat dengan dua WKP tersebut dapat mengambil formulir pendaftaran dan memasukan formulir lelang tanggal 27 September sampai 20 Oktober 2016. Nilai yang ditetapkan untuk jaminan lelang pada pelaksanaan pelelangan WKP Gunung Hamiding adalah sebesar Rp1 miliar dan WKP Graho Nyabu sebesar Rp2 miliar.

Selain dua WKP tersebut, pemerintah akan melakukan lelang enam WKP lainnya yakni WKP Simbolon Samosir dengan kapasitas 110 MW, WKP Gunung Galunggung dengan kapasitas 11 MW, WKP Gunung Pandan dengan kapasitas 40 MW, WKP Gunung Wilis 20 MW, WKP Gunung Geuredong dengan kapasitas 55 MW, dan WKP Ciremai dengan kapasitas 110 MW.

Sedangkan tiga WKP yang telah selesai masa lelang adalah WKP Way Ratai dengan kapasitas 55 MW, WKP Gunung Lawu dengan kapasitas 165 MW, dan WKP Marana dengan kapasitas 20 MW.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA