PLN Siapkan SPLU bagi Pengguna Motor Listrik

   •    Selasa, 05 Dec 2017 19:11 WIB
motor listriksplu
PLN Siapkan SPLU bagi Pengguna Motor Listrik
Salah satu SPLU yang berada di Taman Heulang, Kota Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Medan: PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyiapkan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di Sumatera Utara untuk memudahkan pengguna sepeda motor listrik.

Deputi Humas PT PLN Wilayah Sumut Abdul Rahman mengatakan sebagai tahap awal pihaknya mengagendakan penyiapan 12 SPLU. Namun untuk sementara, pihaknya baru menyiapkan empat SPLU guna memudahkan pengguna motor listrik dalam mengisi daya kendaraannya.

"Baru empat SPLU, tiga di Medan, satu lagi di Kota Gunung Sitoli," katanya, di Medan, seperti dikutip dari Antara, Selasa, 5 Desember 2017.

Manajer PLN Area Medan Agus Trisusanto menambahkan SPLU di Medan tersebut masih berada di sekitar kantor PLN Area di Jalan Listrik Medan. Satu unit SPLU berada di halaman kantor, satu unit pingggir jalan depan kantor, dan satu unit lagi di depan RS Columbia Asia.

Menurut Agus, penggunaan sepeda motor listrik tersebut dapat memberikan manfaat ganda, baik untuk mengurangi pencemaran lingkungan mau pun manfaat secara ekonomis. Memang, ketika mengisi baterai di SPLU, pengguna sepeda motor listrik tersebut akan dikenakan biaya Rp1.400 per kwh.

Namun dengan menggunakan daya sekitar 4 kwh, pengendara sepeda motor listrik tersebut dapat menempuh perjalanan hingga 80 km. Disebabkan sangat hemat dan ramah lingkungan, tidak mengherankan jika PLN mengetahui banyak pihak yang berminta untuk menggunakan sepeda motor listrik.

Hanya saja, penggunaan sepeda motor listrik tersbeut belum maksimal karena belum didukung regulasi, terutama dalam pengaturan plat kendaraan.

"Penggunaannya masih internal, belum bisa di jalan raya karena belum ada platnya. Tapi sangat efisien, itu kami gunakan dalam Komplek Bukit Hijau Regency ketika Ngunduh Mantu Presiden kemarin," pungkasnya.

 


(AHL)