Menkeu Pertimbangkan Permintaan Pertamina Naikkan Harga Premium & Solar

Suci Sedya Utami    •    Senin, 04 Dec 2017 20:26 WIB
pertamina
Menkeu Pertimbangkan Permintaan Pertamina Naikkan Harga Premium & Solar
Menteri Keuangan Sri Mulyani. ANT/Akbar Nugroho Gumay.

Jakarta: PT Pertamina (Persero) meminta agar pemerintah melakukan penyesuaian harga jual BBM jenis Premium dan Solar sejalan dengan meningkatnya harga minyak dunia. Sebab, kenaikan harga minyak yang tidak diikuti dengan penyesuaian harga jual Premium dan Solar, lumayan menggerus keuangan pertamina.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebelum mengambil kebijakan penyesuaian.

"Kita konsultasi dulu dengan Menteri ESDM dan Menteri BUMN," kata Ani sapaan akrabnya ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin, 4 Desember 2017.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan pihaknya akan terlebih dahulu melihat surat permintaan dari Pertamina dan mencocokkan fakta atau alasan perlunya untuk disesuaikan.

"Kami akan lihat kalau itu adalah permintaan Pertamina, (kalau) suratnya sudah sampai di saya, fakta-faktanya mendukung ya nanti saya akan terima kalau sudah menerima surat Pertamina," jelas dia.


(SAW)