MoU Penjualan Gas Beri Kepastian Pengembangan Lapangan Tuna

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 14 Nov 2017 10:50 WIB
migasskk migas
MoU Penjualan Gas Beri Kepastian Pengembangan Lapangan Tuna
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan)

Jakarta: Dalam tiga tahun masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat beberapa proyek hulu migas yang memulai aktivitasnya. Salah satu adalah Premier Oil dan Petrovietnam.

Premier Oil dan Petrovietnam telah menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MOU) untuk penjualan gas dari Lapangan Tuna di Laut Natuna Utara ke Vietnam. Penandatanganan dilakukan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) 2017 di Da Nang, Vietnam, pada Jumat 10 November 2017 lalu.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan melalui penandatanganan MoU tersebut diharapkan memberi kepastian pengembangan cadangan migas di Lapangan Tuna. "Penandatanganan MOU ini diharapkan akan memberikan kepastian pengembangan cadangan gas di Lapangan Tuna," kata Amien, dalam keterangan tertulisnya, Selasa 14 November 2017.

Amien menjelaskan, Premier Oil sebagai operator lapangan Tuna di Laut Natuna Utara berencana akan mengembangkan lapangan Tuna dengan target pengaliran gas pada 2023.  Premier memiliki participating interest sebesar 65 persen di Tuna PSC dan bermintra dengan MOECO yang saat ini memiliki participating interest 25 persen dan GS Energy sebesar 15 persen.

Gas yang dihasilkan dari lapangan Tuna akan dialirkan ke Nam Con Son Pipeline System di Vietnam melalui pipa lintas batas negara yang sedang dibangun. "Kerja sama ini akan diikuti dengan kerja sama untuk mengelola wilayah perbatasan," pungkas Amien.

 


(ABD)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA