PLN Fokus Elektrifikasi Papua dan NTT

   •    Kamis, 30 Nov 2017 19:15 WIB
pln
PLN Fokus Elektrifikasi Papua dan NTT
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Sahlan)

Jakarta: PLN memfokuskan pengembangan infrastruktur elektrifikasi di Kawasn Timur Indonesia,
khususnya Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang masih memiliki rasio rendah.

"Rasio elektrifikasi secara nasional di Indonesia adalah sebesar 93,08 persen, di mana ada dua wilayah yang masih belum terlistriki dengan baik, yaitu Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT), tutur Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Agoes Triboesono di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis, 30 November 2017.

Secara kedaerahan, menurut Agoes, di Pulau Jawa pun belum 100 persen rasio elektifikasinya, meski rata-rata sudah mencapai 90 persen. Sementara di Papua dan NTT sendiri, rasio elektrifikasinya masih di bawah 60 persen. Oleh karena itu, kini Pemerintah lebih memfokuskan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di KTI.

"Dengan adanya program yang lebih mengarah ke arah timur Indonesia, diharapkan infrastruktur ketenagalistrikan dapat meningkatkan akses ketenagalistrikan di wilayah-wilayah tertinggal," ujar Agoes.

Sebagai informasi, saat ini Indonesia menempati urutan ke-6 di kawasan ASEAN dalam hal konsumsi listrik. Oleh karena itu, pemerintah memastikan akan terus mengembangkan infrastruktur ketenagalistrikan, guna mencapai target 100 persen elektrifikasi di Tanah Air.

"Pemerintah mempunyai program untuk terus mengembangkan infrastruktur ketenagalistrikan di Indonesia, karena masih banyak masyarakat yang belum memiliki akses terhadap listrik," kata Agoes Triboesono.

Hal tersebut disampaikannya dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Pelayanan Ketenagalistrikan Indonesia", FMB 9 kali ini juga turut menghadirkan Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka sebagai narasumber.

Lebih lanjut, sejumlah program banyak yang tengah dikerjakan pemerintah terkait peningkatan akses listrik untuk masyarakat. "Kita kenal program 35 ribu MW. Kalo bicara ini, ini hanya pembangkitnya saja. Selain itu, Pemerintah juga mengembangkan infrastruktur untuk
mengalirkan listrik itu, seperti saluran transmisi, gardu induk, saluran distribusi. Jadi tidak hanya pembangkitnya saja," jelasnya.


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA