Stakeholder dan Pejabat ESDM Tunggu Sepak Terjang Jonan-Arcandra

Annisa ayu artanti    •    Minggu, 16 Oct 2016 09:32 WIB
kementerian esdm
<i>Stakeholder</i> dan Pejabat ESDM Tunggu Sepak Terjang Jonan-Arcandra
Duet Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar . ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma.

Metrotvnews.com, Jakarta: Duet Menteri  Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar sangat ditunggu-tunggu lingkungan eksternal kementerian dan seluruh stakeholder sektor energi.

Hal itu dikatakan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang ESDM Sammy Hamzah. Dia menuturkan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sudah tepat menunjuk kedua orang ini untuk membereskan sektor strategis ini.

"Saya yakin pemain industri semuanya mengapresiasi dan welcome. Karena memang dari dulu, industri sudah mengatakan mencari Menteri ESDM yang profesional, berintegritas tinggi, jujur, yang tidak ada konflik kepentingan," kata Sammy kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Minggu (16/10/2016).

Pria yang juga menjadi Direktur Indonesia Petroleum Association (IPA) ini meyakini bahwa Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar mampu menjalankan amanah. Namun, ia berpesan supaya keduanya tidak mengambil keputusan tergesa-gesa dalam berbagai subsektor yang ada di kementerian. Ia pun menghimbau supaya mereka diberikan waktu untuk mengenal lebih dalam sektor tersebut.  

"Saya mengimbau menteri dan wakil tidak terburu-buru mengambil keputusan, karena beliau membutuhkan waktu untuk mengenal," ucap Sammy.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi, Andy Noorsaman Someng mengatakan, menteri dan wakil menteri ESDM saat ini merupakan pasangan ideal. Meskipun Jonan bukan orang yang memiliki latar belakang di sektor energi, ia yakin Jonan dapat cepat beradaptasi.

"Soal energi itu kan bisa dipelajari kan. Itu kan ada wamennya. Pak jonan ini kan orangnya adaptif ya. Setiap penugasan selalu cepat menyesuaikan diri dan profesional. Ini pasangan yang bagus," ungkap Andy.





(SAW)