Pertamina Punya Waktu Dua Tahun Cari Mitra Blok Rokan

Suci Sedya Utami    •    Senin, 21 Jan 2019 13:11 WIB
pertaminaBlok Rokan
Pertamina Punya Waktu Dua Tahun Cari Mitra Blok Rokan
Menteri ESDM Ignasius Jonan. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Jakarta: PT Pertamina (Persero) memiliki kesempatan selama dua tahun lebih untuk mencari mitra dalam mengelola Blok Rokan di Riau, Sumatera.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan batas waktu yang diberikan pemerintah untuk Pertamina mencari mitra yakni sebelum perusahaan energi Tanah Air tersebut secara resmi mengelola Blok Rokan di Agustus 2021. Pada tahun itu, Pertamina akan menjadi pengelola blok terbesar kedua di Indonesia menggantikan PT Chevron Pacific Indonesia.

"Wajib mencari mitra sebelum alih kelola 8 Agustus 2021," kata Jonan pada Medcom.id di Jakarta, Senin, 21 Januari 2019.

Mantan Menteri Perhubungan itu menjelaskan waktu tersebut ia nilai cukup bagi Pertamina untuk mencari rekan kerja untuk mengelola Blok Rokan. Sebab jangka waktu tersebut cukup panjang. "Cukuplah dua tahun," jelas dia.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu sebelumnya mengatakan dalam ketetapan Menteri ESDM perseroan diwajibkan untuk mencari mitra dalam mengelola Blok Rokan.

"Mengenai Blok Rokan, dalam ketetapan menteri diwajibkan untuk mencari mitra," kata Dharmawan.

Pemerintah memutuskan Pertamina sebagai pemenang penawaran untuk mengelola Blok Rokan di Riau selama 20 tahun ke depan dari 2021 hingga 2041. Pertamina akan mengambil alih pengelolaan blok migas terbesar di Tanah Air ini dari Chevron Pacific Indonesia yang saat ini memegang kelola hingga 2021.

Guna mempertahankan produksi dalam proposal, Pertamina juga menyampaikan akan memanfaatkan teknologi Enhance Oil Recovery (EOR) yang juga telah diterapkan di lapangan-lapangan migas Pertamina, seperti di Rantau, Jirak, Tanjung yang dikelola Pertamina EP, termasuk penerapan steamflood yang juga sudah dilakukan dan berhasil di lapangan PHE Siak.

 


(AHL)


PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

2 days Ago

Perlakuan pengenaan pajak pendapatan nilai (PPN) untuk avtur bagi penerbangan domestik di Indon…

BERITA LAINNYA