2018, Kementerian ESDM Alokasikan 51% Anggaran untuk Rakyat

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 16 Jun 2017 09:42 WIB
kementerian esdm
2018, Kementerian ESDM Alokasikan 51% Anggaran untuk Rakyat
Menteri ESDM Ignasius Jonan (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan masyarakat akan merasakan langsung anggaran sektor ESDM di 2018. Sebab, setidaknya 51 persen anggaran yang diusulkan dalam pagu indikatif Kementerian ESDM 2018 akan langsung ditujukan untuk pembangunan fisik sektor energi.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) maka belanja publik untuk pembangunan fisik itu sekitar 51 persen. Presiden juga berpesan untuk mengurangi pengkajian-pengkajian dan rapat-rapat yang menguras anggaran negara.

"Idealnya belanja publik fisik itu sekitar 51 persen," kata Jonan, dalam rapat kerja tentang Penetapan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA K/L) dengan Komisi VII DPR-RI, di Kompleks Parlementer, Senayan, Jakarta, Kamis 15 Juni 2017.

Jonan menjelaskan, pagu indikatif Kementerian ESDM di 2018 tercatat sebesar Rp6,5 triliun. Anggaran itu rencananya akan digunakan untuk berbagai jenis kegiatan. Untuk belanja publik fisik sebesar 51 persen atau Rp3,3 triliun, untuk belanja publik nonfisik sebesar 15 persen atau Rp1,1 triliun, dan belanja aparatur sebesar 34 persen atau Rp2,2 triliun.

Mantan Menteri Perhubungan ini yakin perubahan postur anggaran ini akan memberikan dampak terhadap pengelolaan sektor ESDM yang lebih baik. Pasalnya, tahun depan, masyarakat akan merasakan langsung penggunaan anggaran tersebut.

"Pertanggungjawaban juga kepada masyarakat bahwa apa yang kita berikan kepada masyarakat ini jauh lebih besar," ucap Jonan.

Pihak Komisi VII DPR-RI menyambut baik rencana alokasi anggaran yang diusulkan Kementerian ESDM. Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengatakan, idealnya memang 51 persen mayoritas saham di Kementerian ESDM adalah milik rakyat.

"Ini sangat ideal 51 persen. Jadi bisa dibilang mayoritas saham di KESDM itu pemiliknya adalah rakyat," kata Gus Irawan.

 


(ABD)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

3 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA