Tambahan Subsidi untuk Tutupi Kenaikan Pelanggan

Arif Wicaksono    •    Selasa, 27 Jun 2017 23:07 WIB
subsidi listrik
Tambahan Subsidi untuk Tutupi Kenaikan Pelanggan
Illustrasi. ANT/M Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menuturkan bahwa tambahan subsidi listrik dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2017 sebesar Rp3 trilun dan RAPBN 2018 sebesar Rp4,4 triliun untuk memenuhi kenaikan pelanggan 400 VA dan 900 VA yang layak disubsidi.

baca : Alasan Pemerintah tak Menaikkan Harga BBM

"Ini potensi kenaikan penerima subsidi 900 VA yang 1,9 juta menjadi 2,4 juta. Ini menjadi penyebab kami minta tambahan anggaran." kata Menteri ESDM Ignasius Jonan, Selasa 27 Juni 2017.

Dia mengatakan bahwa penikmat listrik golongan 450 VA semakin banyak. Ini yang akan menjadi tugas pemerintah untuk memenuhi subsidi yang menjadi kewajiban PLN.

"Pelanggan  450 VA semakin banyak, semua disubsidi dan dinikmati masyarakat, makanya saya minta perkiraan subsidi sebanyak 5,2 juta hingga 5,6 juta orang kepada Presiden," kata dia.

Dia berharap bahwa sampai dengan akhir tahun tarif listrik tak akan naik. Pemerintah berusaha tak menambah beban masyarakat yang semakin banyak dengan pencabutan subsidi yang dilakukan terhadap golongan 900  VA.

"Sampai januari  dan Juni listrik tak naik. Saya  komitmennya sampai akhir tahun tak naik," kata dia.

 


(SAW)