SKK Migas Minta Revisi UU Migas Bisa Menarik Minat Investasi

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 15 Jun 2017 16:58 WIB
skk migas
SKK Migas Minta Revisi UU Migas Bisa Menarik Minat Investasi
SKK Migas FOTO, Ilustrasi dokumentasi: SKK Migas.

Metrotvnews.com, Jakarta: Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengusulkan Revisi Undang-Undang (RUU) Migas Nomor 22 Tahun 2001 dapat menarik investasi di sektor hulu migas kembali.

Hal itu disampaikan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi karena melihat produksi dan cadangan migas saat ini semakin menunjukkan penurunan. Ia mengatakan, sebaiknya revisi Undang-Undang ini dapat memuluskan kegiatan operasional hulu migas.

"Dengan produksi dan cadangan yang semakin menurun dan realtif kecil, SKK Migas menginginkan RUU Migas baru dapat menarik dan mendorong investasi serta memudahkan kegiatan operasional," kata Amien saat rapat harmonisasi RUU Migas dengan Badan Legislatif di Komplek Parlementer, Senayan, Jakarta, Kamis 15 Juni 2017.

baca : Menteri ESDM Tambah Deputi di SKK Migas


Amien menyebutkan, SKK Migas juga mengusulkan di dalam RUU Migas harus bisa menjelaskan aturan peralihan untuk menjaga kesinambungan operasi minyak dan gas bumi berserta kegiatan penunjangnya.

Selain itu, SKK Migas juga mengusulkan di dalam RUU Migas harus berisi tentang kejelasan terkait pengaturan BUMN hulu migas dan Badan Usaha Khusus (BUK) Migas yang mengelola kekayaan alam Indonesia yang hanya menyetorkan dividen atau sebagai instansi pemerintah yang menyetorkan pendapatan kepada pemerintah.

Pasalnya, selama ini belum ada penjelasn rinci mengenai kedua hal tersebut. "Belum terdapat kejelasan terkait pengaturan BUMN hulu migas. Lalu, perlu ada kejalasan mengenai bentuk BUK migas," ucap dia.

Ia juga melanjutkan, RUU Migas juga harus berisi tentang pengaturan pemisahan kekayaan, termasuk dengan pembukuannya, sumber kekayaan negara, dan sumber pendapatan BUK Migas sehingga tidak berisiko terhadap seluruh kekayaan negara.

"Perlu ada kejelasan mengenai sumber kekayaan dan sumber pendapatan BUK migas," pungkas dia.


 


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

3 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA