Shell Minta Izin untuk Impor LNG

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 17 Jul 2018 18:33 WIB
shell
Shell Minta Izin untuk Impor LNG
Shell. Dok: MI.

Jakarta: Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan Shell Indonesia mengajukan izin kepada pemerintah untuk mengimpor gas alam cair atau liquefield natural gas (LNG).

"Shell sudah mengajukan ke pemerintah untuk impor LNG," kata Djoko di Kementerian ESDM, Jakarta Pusatr, Selasa, 17 Juli 2018.

Namun demikian, kata Djoko, pemerintah belum menyetujui usulan tersebut karena harus melihat rencana kerja Shell terlebih dahulu terkait dengan tujuan pemasaran gas mereka hingga volume yang akan diimpor. Oleh karena itu dirinya akan memanggil Shell untuk mempresentasikan usulan tersebut.

"Baru saya akan pangil mereka secepatnya untuk presentasi, bulan ini lah," tutur dia.

Djoko mengatakan jika pemerintah memberikan izin, Shell berjanji untuk membangun fasilitas terminal dan regasifikasi LNG di dalam negeri. "Dia akan bangun fasilitas besar kemudian akan distributor dengan kapal-kapal kecil untuk tracking," tutur dia.

Djoko menambahkan hal ini ada plus dan minusnya sehingga pemerintah harus memikirkan secara matang sebelum memberi izin. Positifnya, lanjut Djoko jika harga LNG di luar negeri lebih murah maka harga gas di Indonesia akan sesuai market sehingga industri dalam negeri seperti pupuk, petrokimia, listrik dan lain-lain bisa mendapatkan harga yang kompetitif. Sedangkan sisi negatifnya bisa jadi pasokan LNG di dalam negeri tidak ada yang membeli karena kalah murah dengan LNG impor.


(SAW)


PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

2 days Ago

Perlakuan pengenaan pajak pendapatan nilai (PPN) untuk avtur bagi penerbangan domestik di Indon…

BERITA LAINNYA