Ekonom: BBM Satu Harga Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

   •    Rabu, 06 Feb 2019 13:01 WIB
pertaminabbm satu harga
Ekonom: BBM Satu Harga Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Jakarta: Pengamat ekonomi Universitas Sumatera Utara (USU) Wahyu Ario Pratomo menyatakan program BBM Satu Harga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat menengah ke bawah seperti nelayan dan petani. Tidak ditampik, dampak penurunan harga BBM sangat signifikan.

"Turunnya harga BBM akan meningkatkan aspek produksi pada masyarakat. Dengan peningkatan produksi, pendapatan juga meningkat sehingga kesejahteraan masyarakat, terutama golongan menengah ke bawah pun meningkat," tuturnya, seperti dikutip dari Antara, Rabu, 6 Februari 2019.

Meski demikian, lanjut dia, agar program ini lebih tepat sasaran maka harus dibarengi dengan peningkatan pengawasan.  "Program ini meningkatkan aspek produksi pada masyarakat sehingga mendorong kegiatan ekonomi. Tetapi karena aspek konsumsi (terhadap BBM) juga meningkat, maka pengawasan harus lebih diperketat," katanya.

Terkait dampak positif program BBM Satu Harga tersebut sejumlah masyarakat membenarkannya, seperti diungkapkan Zulkarnain, karyawan BUMN bidang asuransi kecelakaan lalu lintas yang bertugas di Natuna.

Dia menuturkan sebelum adanya program BBM Satu Harga harga-harga di wilayah tersebut sangat tinggi namun setelah program tersebut berjalan ditemukan bahwa harga-harga di wilayah itu sudah sama dengan daerah lain.

"Kalau makan pakai ikan hanya Rp15 ribu, kalau pakai ayam Rp20 ribu. Sewa kos satu kamar dengan kamar mandi di dalam juga hanya Rp500 ribu. Masih standar, " kata Zulkarnain yang sebelumnya bertugas di Tanjung Pinang.

Zulkarnain menilai BBM Satu Harga berdampak pada kesejahteraan masyarakat Natuna, paling tidak, dilihat dari semakin banyak masyarakat yang memiliki sepeda motor dan juga tingkat kepatuhan membayar premi asuransi kecelakaan lalu lintas.

"Ini indikasi bahwa kesejahteraan memang meningkat. Itu terjadi karena harga BBM sudah sama," pungkasnya.


(ABD)