SKK Migas Bakal Cari Sendiri Pembeli Gas Pipa Blok Masela

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 09 Jan 2018 16:53 WIB
skk migas
SKK Migas Bakal Cari Sendiri Pembeli Gas Pipa Blok Masela
Ilustrasi. Ant/Zabur Karuru.

Jakarta: Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan akan mencari pembeli untuk gas Masela sendiri jika penawaran harga gas oleh industri masih sangat rendah.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan alokasi gas untuk gas pipa dari lapangan Abadi tersebut sebesar 150 MMSCFD. Namun hingga kini belum ada pembeli gas tersebut.

Ada beberapa perusahaan yang menawarkan diri menjadi pembeli gas tersebut, tetapi diakui Amien, mereka menawarkan dengan harga yang sangat murah.

"Tapi kalau bagi hulu migas, kalau mereka tawar USD3 MMBTU, hulu migas akan cari pembeli sendiri," ungkap Amien di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa, 9 Januari 2018.

Amien menjelaskan dia sudah mempelajari beberapa pembeli-pembeli gas yang ada. Penawaran harga gas sebesar USD3 per MMBTU yang dinilai sangat murah.

Jika dibandingkan dengan gas dari Teluk Bintuni yang letaknya tidak terlalu jauh dari Blok Masela, harga gas disana cukup tinggi yakni USD5,2 per MMBTU. Selain itu, ia juga membandingkan saat kunjungan ke Tiongkok. Di sana, ada perusahaan petrokimia yang berani membeli gas seharga USD6,2 per MMBTU.

"Jadi kalau industri hanya mampu menawar USD3, SKK akan mencari pembeli sendiri," imbuh dia.

Seperti diketahui, terdapat tiga industri yang berminat untuk menyerap gas dari Blok Masela. Ketiga industri tersebut adalah PT Pupuk Indonesia, Elsoro Multi Prima, dan Kaltim Metanol Industri/Sojitz. Namun ketiganya menawarkan harga gas USD3 per MMBTU.

 


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA