Pertumbuhan Produksi Industri Malaysia Capai Level Terendah Selama 19 bulan

Arif Wicaksono    •    Minggu, 11 Feb 2018 16:59 WIB
malaysia
Pertumbuhan Produksi Industri Malaysia Capai Level Terendah Selama 19 bulan
Malaysia. Dok: AFP.

Kuala lumpur: Indeks produksi industri Malaysia (IPI) naik 2,9 persen tahun ke tahun (yoy) di Desember 2017 sebagaimana diutarakan departemen statistik Malaysia.  Pertumbuhan tersebut didorong oleh kenaikan indeks manufaktur dan listrik, yang masing-masing tumbuh 5,3 persen dan 3,9 persen.

Pertumbuhan sektor manufaktur didorong oleh sub-sektor utama, yaitu makanan, minuman dan produk tembakau yang melonjak 17 persen; minyak bumi, kimia, karet dan produk plastik yang tumbuh 3,6 persen; produk listrik dan elektronik yang naik 4,1 persen. Indeks pertambangan turun 4,1 persen tahun-ke-tahun karena indeks minyak mentah dan gas alam masing-masing turun 5 persen dan 3,2 persen.

Pertumbuhan IPI untuk bulan Desember adalah yang paling lambat sejak Mei 2016 atau sembilan belas bulan terakhir, menurut sebuah laporan dari MIDF, sebuah lembaga riset.

"Perlambatan di bulan ini karena efek dasar yang tidak menguntungkan, liburan akhir tahun dan memoderasi pertumbuhan ekspor," ujar MIDF dikutip dari Xinhua, Minggu, 11 Februari 2018.

MIDF memperkirakan pertumbuhan IPI sebesar 4,3 persen tahun ini, karena memperkirakan adanya momentum output industri tahun lalu terus berlanjut mengingat kinerja perdagangan eksternal yang kuat terus berlanjut dan kenaikan harga komoditas secara bertahap akan meningkatkan aktivitas industri di Malaysia.




Ancaman proteksionisme yang surut dan dampak spill-over yang diperkirakan dari pemotongan pajak Amerika Serikat juga akan mendorong aktivitas perdagangan global tahun ini. MIDF juga menyoroti kegiatan industri di negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Tiongkok dan Jepang yang tetap stabil, berkat kegiatan perdagangan global ekspansif yang terus-menerus.

"Ke depan, kami memperkirakan kinerja IPI akan terus berlanjut pada bulan Januari terutama di Tiongkok  karena festival Tahun Baru Imlek.Plus, indeks pembelian manajer manufaktur dari negara-negara berkembang dan global tetap berada di atas level 50 poin di Januari di 54,4 dan 51,9 poin di bulan pertama 2018," pungkas dia.


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA