Penguatan Saham Boeing Picu Wall Street Menghijau

   •    Rabu, 06 Feb 2019 07:02 WIB
wall street
Penguatan Saham Boeing Picu Wall Street Menghijau
Ilustrasi (FOTO: AFP)

New York: Saham-saham Bursa Wall Street menguat pada penutupan perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB). Kondisi itu terjadi karena para pelaku pasar disemangati hasil positif perusahaan-perusahaan di tengah musim pelaporan laba yang sedang berlangsung.

Mengutip Antara, Rabu, 6 Februari 2019, indeks Dow Jones Industrial Average naik 172,15 poin atau 0,68 persen, menjadi berakhir di 25.411,52 poin. Indeks S&P 500 meningkat 12,83 poin atau 0,47 persen, menjadi ditutup di 2.737,70 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir 54,55 poin atau 0,74 persen lebih tinggi, menjadi 7.402,08 poin.

Keuntungan tiga digit poin Dow Jones dipicu oleh reli saham Boeing. Saham produsen pesawat terbang itu menguat 3,32 persen menjadi sebesar USD410,18 per saham pada penutupan perdagangan.

Delapan dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir lebih tinggi, dengan sektor consumer discretionary (barang dan jasa yang dianggap tidak penting oleh konsumen, tetapi diinginkan jika pendapatan yang tersedia cukup untuk membelinya) serta jasa-jasa komunikasi naik lebih dari 0,9 persen, mengungguli sektor lainnya.

Saham Estee Lauder melonjak 11,64 persen. Perusahaan produk kecantikan AS ini melaporkan laba kuartal kedua fiskal yang lebih kuat dari perkiraan dan menaikkan prospek setahun penuh. Perolehan laba Estee Lauder yang disesuaikan mencapai USD1,86 per saham, jauh di atas konsensus para analis USD1,55 per saham yang disurvei oleh FactSet.

Saham Alphabet, induk perusahaan Google, ditutup 1,16 persen lebih tinggi, membalikkan kerugian sebelumnya. Raksasa teknologi AS ini memberikan laba yang lebih baik dari perkiraan setelah penutupan. Namun, perusahaan juga mengungkapkan penurunan harga-harga iklan dan kenaikan biaya-biaya.

Raksasa perusahaan hiburan Walt Disney melaporkan laba dan pendapatan keduanya melampaui estimasi, mengirim sahamnya naik sekitar 2,00 persen dalam afterhours trading (pembelian dan penjualan sekuritas yang diselesaikan di luar jam perdagangan reguler).

Hampir setengah dari perusahaan-perusahaan komponen S&P 500 telah melaporkan laba mereka sejauh ini, dengan sekitar 70 persen dari perusahaan itu melampaui ekspektasi analis. Di sisi ekonomi, indeks non-manufaktur AS merosot ke 56,7 pada Januari dari 58 pada Desember, Institute for Supply Management mengatakan.

Adapun perolehan tersebut gagal memenuhi konsensus pasar. Sementara itu, Wall Street tengah menunggu pidato kenegaraan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang berlangsung pada Selasa malam pukul 21.00 waktu setempat.


(ABD)