OPEC Bangun Momentum untuk Batasi Produksi Minyak Dunia

Angga Bratadharma    •    Kamis, 13 Oct 2016 17:24 WIB
opec
OPEC Bangun Momentum untuk Batasi Produksi Minyak Dunia
Ilustrasi (REUTERS/Jo Yong-Hak)

Metrotvnews.com, New York: Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) berusaha membangun momentum untuk merencanakan pembatasan produksi minyak dunia. Dalam hal ini, OPEC akan memperbanyak undangan kepada produsen nonanggota lainnya usai mengadakan pembicaraan informal dengan Rusia dan Meksiko di Istanbul.

"Perwakilan dari OPEC dan negara-negara non-OPEC akan mengadakan pertemuan teknis pada 28-29 Oktober di Wina untuk terus membahas peta jalan menuju kesepakatan," kata Menteri Energi Qatar Mohammed al-Sada, setelah pertemuan Kongres Energi Dunia, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (13/10/2016).

Baca: OPEC dan Pejabat Rusia Lakukan Pembicaraan Informal di Istanbul

Ia menegaskan bahwa tidak jelas apakah negara-negara lain akan inisiatif untuk bergabung dalam pertemuan ini. Pada kongres ini, tidak ada angka produksi secara spesifik yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

"Tidak ada angka produksi spesifik dibahas dalam pertemuan Rabu tetapi lebih rinci kemungkinan akan dibahas pada pertemuan teknis di Wina," kata Menteri Energi Rusia Alexander Novak.

Baca: OPEC Diminta Tidak Ganggu Pasokan Terlalu Ketat

Organisasi Negara Pengekspor Minyak pada bulan lalu di Aljazair menyepakati pemangkasan produksi minyak secara sederhana. Namun, pembatasan produksi ini terus dibahas agar didapatkan titik tengah yang saling menguntungkan banyak pihak.

Baca: Produksi Minyak OPEC Capai Posisi Tertinggi dalam 7 Tahun

"Telah terjadi pemahaman positif dari situasi dan kondisi sekarang ini terkait apa yang menjadi peran OPEC dan apa yang bisa menjadi peran non-OPEC dalam menyeimbangkan pasar minyak," pungkas al-Sada.

 


(ABD)