Iran Puji Kerja Sama OPEC dan Non OPEC Stabilkan Pasar

   •    Rabu, 06 Sep 2017 13:18 WIB
minyak mentahopec
Iran Puji Kerja Sama OPEC dan Non OPEC Stabilkan Pasar
Ilustrasi (AFP Photo/ALEXANDER KLEIN)

Metrotvnews.com, Teheran: Negara produsen minyak Iran pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB) memuji kerja sama antara anggota-anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan anggota-anggota non OPEC untuk membantu menstabilkan pasar minyak.

Konvergensi anggota-anggota OPEC dan non OPEC, khususnya Rusia, mengenai kesepakatan untuk mengurangi produksi minyak dalam enam bulan terakhir, telah menyebabkan pasar minyak seimbang, Menteri Perminyakan Iran Bijan Namdar Zanganeh mengatakan sebelum bertemu dengan Menteri Pertambangan dan Energi Brazil, Fernando Coelho Filho.

"Kerja sama negara-negara non-OPEC, khususnya Rusia, bagus dalam kesepakatan untuk mengurangi pasokan minyak, dan saya pikir pasar bergerak menuju stabilitas," kata Zanganeh, seperti dikutip dari Antara, Rabu 6 September 2017.

Rusia telah menjadi kunci kesepakatan di mana anggota OPEC telah melakukan pemangkasan pasokan minyak sebesar 1,2 juta barel per hari, dengan anggota non OPEC lebih lanjut mengurangi 600 ribu barel.

Menteri Iran menambahkan bahwa Iran menyambut kerja sama semua produsen minyak non OPEC, khususnya Brazil, untuk mengurangi pasokan minyak. Diharapkan langkah semacam ini bisa memberikan efek positif terhadap harga minyak dunia di masa mendatang.

Pada proyek jaringan pipa yang banyak tertunda antara Iran dan Pakistan, Zanganeh mengatakan bahwa pihak ketiga dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah tersebut, dengan membangun bagian jaringan pipa di Pakistan. Dia mengatakan sejumlah perusahaan minyak dan gas internasional tertarik pada proyek ini, namun sejauh ini belum ada kesepakatan.

Proyek ini telah menghadapi penundaan berulang sejak disusun pada 1990-an untuk menghubungkan lapangan gas Pars di Selatan Iran ke Pakistan. Iran telah menyelesaikan pembangunan sisi jaringan pipanya dan menunggu Pakistan menyelesaikan bagian kerjanya.


(ABD)