Negara Anggota G20 Sepakat Tunjukkan Kontinuitas Kebijakan Devisa

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 18 Mar 2017 18:19 WIB
ktt g20
Negara Anggota G20 Sepakat Tunjukkan Kontinuitas Kebijakan Devisa
KTT G20 di Baden Baden, Jerman. (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Baden Baden: Negara-negara anggota G20 sepakat untuk menunjukkan kontinuitas dalam kebijakan devisa mereka.

Draf komunike, yang mungkin masih berubah dan akan diterbitkan Sabtu, memulihkan frase yang digunakan dalam beberapa tahun terakhir di pasar valuta asing.

"Kami tegaskan bahwa kelebihan volatilitas dan gerakan yang mengacaukan nilai tukar dapat memiliki implikasi yang merugikan bagi stabilitas ekonomi dan keuangan," ungkap draf tersebut, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu 18 Maret 2017.

"Kami akan berkonsultasi erat di pasar valuta. Kami menegaskan kembali komitmen nilai tukar sebelumnya. Kita akan menahan diri dari devaluasi kompetitif dan kami tidak akan menargetkan nilai tukar untuk tujuan kompetitif," katanya.

Seperti diketahui, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menuduh Jepang mengeksploitasi pelemahan yen untuk memberikan keuntungan ekspor perdagangan yang tidak adil.

Hal ini membuat pembuat kebijakan khawatir bahwa Washington mungkin akan campur tangan di pasar mata uang untuk membendung setiap lonjakan yen yang diinginkan.

Namun, Menteri Keuangan Jepang Taro Aso mengatakan dia setuju dengan rekan Menkeu AS-nya Steven Mnuchin untuk mematuhi G7 dan kesepakatan kebijakan mata uang G20, termasuk peringatan bahwa volatilitas mata uang berlebih tidak diinginkan.

"Kami setuju bahwa itu penting untuk menjaga G7 dan kesepakatan kebijakan mata uang G20," kata Aso kepada wartawan setelah pertemuan dengan Mnuchin di sela-sela pertemuan G20.


(AHL)