Kuartal III-2017

Tingkat NPL Perbankan Tiongkok Belum Berubah di 1,74%

Angga Bratadharma    •    Senin, 13 Nov 2017 14:06 WIB
ekonomi chinationgkok
Tingkat NPL Perbankan Tiongkok Belum Berubah di 1,74%
Ilustrasi (FOTO: SCMP)

Beijing: Rasio pinjaman buruk bagi bank umum Tiongkok tetap tidak berubah pada kuartal ketiga di 2017 di tengah upaya penguatan pemerintah guna mengendalikan risiko, data dari regulator perbankan menunjukkan. Dalam hal ini, perbankan di Tiongkok diharapkan segera melakukan pembenahan agar rasio tersebut membaik.

Rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) bank umum mencapai 1,74 persen pada akhir September, datar dengan kuartal sebelumnya, Komisi Regulasi Perbankan China mengatakan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Xinhua, Senin 13 November 2017.

Hingga September, outstanding kredit macet dari bank umum mencapai 1,67 triliun yuan (USD251,8 miliar), naik sebanyak 34,6 miliar yuan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Rasio NPL turun untuk pertama kalinya sejak 2012 ke level saat ini di kuartal terakhir di 2016, tanda yang menggembirakan bagi perekonomian yang terganggu dengan penumpukan utang.

Melihat potensi risiko di sektor keuangan, pemerintah telah meningkatkan upaya untuk memperbaiki penyimpangan dalam industri, yang menargetkan kegiatan berisiko tinggi seperti pembiayaan di luar neraca. Adapun perbaikan dari aspek risiko keuangan menjadi penting agar perekonomian bisa terakselerasi dengan baik.

Meskipun peraturan ketat, bank-bank besar melaporkan pendapatan di kuartal ketiga yang solid. Bank Industri dan Komersial China, pemberi pinjaman terbesar Tiongkok berdasarkan nilai pasar, mengatakan bahwa laba bersihnya meningkat menjadi 75 miliar yuan di kuartal III-2017, naik 3,4 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

 


(ABD)